Analisis Penerapan Tax Planning Terhadap Pajak Penghasilan Pasal 21 Sebagai Upaya Penghematan Pembayaran Pajak (Studi Kasus Pada Pt Kawan Lama Sejahtera)

Herlina Jamrewav, . (2013) Analisis Penerapan Tax Planning Terhadap Pajak Penghasilan Pasal 21 Sebagai Upaya Penghematan Pembayaran Pajak (Studi Kasus Pada Pt Kawan Lama Sejahtera). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (608kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB 11.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB 111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (858kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana penerapan tax planning atas PPh Pasal 21 yang diterima karyawan dengan metode pajak ditanggung pemberi kerja dan tunjangan pajak, serta mengetahui besar penghematan pembayaran pajak PT Kawan Lama Sejahtera, sehingga dapat meminimalisir pengenaan pajaknya. Penelitian yang dilakukan adalah menganalisis perhitungan pajak PPh Pasal 21 karyawan tetap pada PT Kawan Lama Sejahtera awal sampai akhir tahun 2011, dimana perusahaan menerapkan metode Pajak ditanggung perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah metode perhitungan pajak yang diterapkan perusahaan sudah efektif atau efesien terhadap keuangan perusahaan. Metode penelitian yang dilakukan, penulis menggunakan dua macam data yaitu penelitian kepustakaan (Library Research) dan Penelitian Lapangan (Field Research) yang terdiri observasi, wawancara, dokumentasi. Untuk Metode analisis menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu suatu penelitian yang memberikan gambaran atau deskripsi suatu data yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan objek yang akan diteliti dengan cara mengumpulkan data dan informasi tentang penelitian tersebut. Hasil penelitian ini adalah PPh pasal 21 orang pribadi (WP) yang dibayarkan oleh perusahaan dengan menggunakan Net Method sebesar Rp.17.793.000- sedangkan dengan menggunakan Gross Up Rp.18.973.666,- dengan selisih penghematan sebesar Rp.1.180.666,- atau dalam presentasi efesiensi nilai t = sebesar Rp. - 6,2% sebagaimana tertera pada tabel interpretasi antara 0%-19% yang berarti mempunyai tingkat efesiensi sangat tidak besar, karena pengurang sebelum Net Method lebih kecil dibandingkan dengan sesudah Gross Up yang lebih besar. Kesimpulannya adalah PT Kawan Lama Sejahtera telah menunjukan bahwa perusahaan telah berupaya menerapkan metode tax planning untuk meminimalkan penghematan pembayaran pajak dalam hal ini PPh Pasal 21, tetapi masih terlihat penerapan tax planning yang belum efektif, sehingga perusahaan harus memperhitungkan kembali komponen tunjangan yang tepat dan berlaku adil yang dibayarkan kepada karyawan dan bisa menekan beban pajak perusahaan lebih efesien. Kata Kunci : Pajak Penghasilan, Pajak Penghasilan Pasal 21, Perencanaan Pajak

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 28 Sep 2015 06:29
Last Modified: 28 Sep 2015 06:29
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/529

Actions (login required)

View Item View Item