Model pembelajaran berbasis masalah dengan metode pembelajaran diskusi kelas terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di SMP negeri 11 kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2013) Skripsi PKN 2013

Nani Widyastuti, . (2013) Model pembelajaran berbasis masalah dengan metode pembelajaran diskusi kelas terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (studi komparasi di SMP negeri 11 kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2013) Skripsi PKN 2013. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, pembelajaran pendidikan kewarganegaraan masih bisa dikatakan belum berhasil secara maksimal. Faktor – faktor yang melatar belakangi kurang tercapainya tujuan itu adalah metode dan model pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi, peserta didik kurang dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dan sifat pembelajaran yang kurang menunjang kreatifitas dan keaktifan peserta didik. Menghadapi permasalahan tersebut diatas, maka dilakukan penelitian dengan melaksanakan proses belajar mengajar di SMP Negeri 11 Tangerang Selatan. pembelajaran yang dilakukan adalah dengan penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah, diharapkan dengan penerapan model tersebut dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraanpeserta didik SMP Negeri 11 Tangerang Selatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah “Diduga dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi kelas dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas VII di SMP Negeri 11 Tanggerang Selatan”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dan metode penelitian yang digunakan adalah The Statistic Group Comparation Design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh pesrta didik SMP Negeri 11 Tangerang Selatan. Sampel penelitian adalah kelas VII.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.7 sebagai kelas kontrol. Tekhnik analisis data yang digunakan untuk, menguji hipotesis adalah analisis kesamaan dua rata – rata dengan menggunakan uji t. Karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh thitung = 9,293 dan ttabel = 1,991 atau thitung ≥ ttabel yaitu menunjukkan bahwa H0 ditolak, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dibandingkan dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Metode Diskusi kelas. Kata Kunci : Model Pembelajaran Berbasis Masalah, Metode Diskusi kelas dan Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2015 04:09
Last Modified: 25 Sep 2015 04:09
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/525

Actions (login required)

View Item View Item