Kecerdasan Emosional peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.(Studi Korelasi di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Kota Tangerang Selatan, Tahun Pelajaran 2012/2013)Skripsi PKN 2013

Catur Endah Setyowati, . (2013) Kecerdasan Emosional peserta Didik Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.(Studi Korelasi di SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Kota Tangerang Selatan, Tahun Pelajaran 2012/2013)Skripsi PKN 2013. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional peserta didik terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan terutama pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2012/2013. Populasi target dalam penelitian ini adalah berjumlah 381 peserta didik,sedangkan populasi terjangkau yang dijadikan objek dalam penelitian ini adalah sebanyak 127 Peserta didik, Pengambilan sampel dengan menggunakan rumus solvin sebanyak 56 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana. Ada dua (2) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Kecerdasan emosional peserta didik dan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif, sedangkan data variabel X diperoleh dengan menggunakan sebaran angket(kuisioner) dan untuk Variabel Y diperoleh dari nilai raport peserta didik semester genap. Pada hasil pengujian hipotesa diperoleh harga indek korelasi sebesar rxy = 0.590 dan dibandingkan dengan rtabel = 0.266, dengan demikian hasil tersebut menunjukkan bahwa rxy 0.590 > rtabel 0.266 artinya terdapat hubungan antara kecerdasan Emosional peserta didik dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional peserta didik terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang Kota Tangerang Selatan, hal ini terlihat dari hasil uji thitung 5.41 > ttabel 1.68, dengan angka Koefesiensi Determinasi sebesar 34.81%. “Kata kunci : “Kecerdasan Emosional dan Prestasi belajar”.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 25 Sep 2015 03:58
Last Modified: 25 Sep 2015 03:58
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/523

Actions (login required)

View Item View Item