Perbandingan antara metode bermain peran dengan metode ceramah terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan (studi komparasi pada siswa kelas viii di mts at- Taqwa belendung tahun pelajaran 2013/2014)Skripsi PKN 2013

Nur Afifah, . (2013) Perbandingan antara metode bermain peran dengan metode ceramah terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan (studi komparasi pada siswa kelas viii di mts at- Taqwa belendung tahun pelajaran 2013/2014)Skripsi PKN 2013. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (278kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB)
[img] Text
Skripsi Manajemen BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)

Abstract

Mengacu kepada judul, maka penelitian yang di dasarkan pada permasalahan bagaimana dan sejauh mana penggunaan merode dan pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs At-Taqwa Belendung Tangerang.Penelitian ini bertolak pada suatu kepedulian maupun pemikiran penulis pada suatu keadaan tertentu, dalam hal ini penggunaan metode dalam mengajar. Penggunaan metode dalam mengajar tentu akan sedikit banyaknya mempengaruhi terhadap hasil belajar siswa kelas VIII, terutama dalam kegiatan belajar mengajar di MTs At-Taqwa Belendung Kota Tangerang. Secara umum kegiatan penelitian ini didasarkan atas prinsip metode deskriftif, karena metode ini dianggap baik untuk menggali, mengungkapkan, serta menganalisa fenomena empirik yang terjadi pada keadaan sekarang, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan pemberian soal, kemudian analisis datanya menggunakan dua pendekatan yaitu analisis parsial dan korelasional. Untuk menentukan angka koefesiennya menggunakan rumus tes “t” untuk dua sampel sama besar yang satu sama lain tidak memiliki hubungan, adapun sampel penelitian ini diambil 60 dari jumlah populasi yaitu sebanyak 90 orang, jadi jumlah sampel sebanyak 60 orang yang dibagi atas dua kelas yaitu: kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil penghitungan to (yaitu sebesar 3,825) adalah jauh lebih besar dari pada ttabel baik pada taraf signifikansi 5% maupun pada taraf signifikansi 1%. Dengan demikian maka Hipotesa Nihil ditolak. Berarti antara variabel 1 (variabel X) dan variabel 2 (variabel Y) terdapat perbedaan mean yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat lebih efektif dan efisien dalam meningkatkan pengetahuan siswa, dengan demikian maka sudah sepatutnya bagi setiap guru untuk lebih meningkatkan kemampuan pedagogik dan kemampuan profesional dalam mendidik siswa menjadi lebih baik. Kata Kunci: Metode Bermain Peran, Metode Ceramah, Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 21 Sep 2015 04:38
Last Modified: 21 Sep 2015 04:38
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/521

Actions (login required)

View Item View Item