Perbandingan penggunaan metode pebelajaran diskusi dengan metode pebelajaran resitasi terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan (Skripsi PKN 2013)

Ike Yulianingsih, . (2013) Perbandingan penggunaan metode pebelajaran diskusi dengan metode pebelajaran resitasi terhadap prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan (Skripsi PKN 2013). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (627kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (894kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adatidaknya perbandingan penggunaan Metode pembelajaran Diskusi dengan Metode Pembelajaran Resitasi ditinjau dari Prestasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deksperimen dan kontrol, Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan kelas X, XI, XII. Dengan jumlah peserta didik kelas X = 314 peserta didik, kelas XI = 92 peserta didik dan kelas XII = 84 peserta didik, jadi jumlah keseluruhan populasi dalam penelitian ini adalah 490 peserta didik SMA N 11 Kota Tangerang Selatan jadi sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Sehingga diperoleh sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas X.3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 sebagai kelas kontrol.Tehnik pengumpulan data untuk skor Prestasi Belajar peserta didik menggunakan metode perbandingan Prestasi Belajar Peserta Didik menggunakan metode observasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistkt test (uji t). Secara empirik penelitian ini telaher hasil menguji adanya perbandingan penggunaan metode pembelajaran diskusi dengan metode pembelajaran Resitasi terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 11 Kota Tangerang Selatan. Hal ini dapat dilihat dari data yang telah dianalisis bahwat hitung sebesar 38,07 lebih besar ttabel sebesar 1,66629 pada taraf α = o,05 dimanat hitung>t tabel. Hal inijuga di tunjuk kandari hasil rata – rata post tetya itu bahwa kelas eksprimen sebesar 79,35 dan kelas kontrol sebesar 69,02. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adaperbandingan penggunan metode Pembelajaran Diskusi dengan Metode Pembelajaran Resitasi ditinjau dari Prestasi Belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas X SMA N egeri 11 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2012/2013,dimana metode pembelajaran diskusi lebih baik dibandingkan metode pembelajaran resitasi. Kata kunci: Metode Diskusi, Metode Resitasi, Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2015 03:58
Last Modified: 19 Sep 2015 03:59
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/515

Actions (login required)

View Item View Item