Meningkatkan motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode Pembelajaran diskusi. Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas Viii.2 smp muhammadiyah 37 parung (Skripsi PKN 2014)

Jakaria, . (2014) Meningkatkan motivasi belajar Peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode Pembelajaran diskusi. Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas Viii.2 smp muhammadiyah 37 parung (Skripsi PKN 2014). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah metode diskusi dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 37 Parung Tahun Pembelajaran 2013/2014 serta untuk memperbaiki pembelajaran dan peningkatan pelayanan profesional guru dalam belajar mengajar. Objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah kelas VIII.2 SMP Muhammadiyah 37 Parung yang berjumlah 37 peserta didik. data yang terkumpul dianalisis untuk mengukur indikator keberhasilan yang sudah dirumuskan. Untuk mengukur peningkatan kematangan belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yaitu berupa tes, dokumen, serta observasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan; motivasi peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada kelas VIII.2 SMP Muhammadiyah 37 Parung mengalami peningkatan yang sangat signifikan dari 249,18% pada siklus pertama menjadi 321,6% pada siklus kedua, yang kemudian mengalami kenaikan sebesar 72,42 %. Melihat kanyataan tersebut jelaslah penerapan metode diskusi dapat Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Muhammadiyah 37 Parung Tahun Pembelajaran 2013/2014. Walaupun masih ada peserta didik yang belum terlihat termotivasi penuh dalam pembelajaran tetapi secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami peningkatan secara bertahap. Kata Kunci : Motivasi, Metode Diskusi

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2015 02:48
Last Modified: 19 Sep 2015 02:48
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/512

Actions (login required)

View Item View Item