Persepsi peserta didik mengenai peranan guru pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan belajar mandiri (studi korelasi di Smp muhammadiyah parakan kota tangerang selatan tahun pelajaran 2013/2014). Skripsi PKN 2014

Nur Sifa Fitriani, . (2014) Persepsi peserta didik mengenai peranan guru pendidikan Kewarganegaraan dalam meningkatkan belajar mandiri (studi korelasi di Smp muhammadiyah parakan kota tangerang selatan tahun pelajaran 2013/2014). Skripsi PKN 2014. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (426kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara persepsi peserta didik mengenai peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan belajar mandiri kelas VIII di SMP Muhammadiyah Parakan. Adapun populasi terjangkau pada penelitian ini adalah 42 peserta didik yang diambil secara random sampling. Besarnya sampel dari masing-masing kelas yaitu 20 populasi dari kelas VIII A dan 22 populasi dari kelas VIII B. Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reliabilitas yang digunakan untuk mengetahui kesahan instrumen validitas. Uji persyaratan analisis dilakukan untuk uji Lilliefors. Hasil dari perhitungan uji lilliefors pada variabel X dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung kurang dari Ltabel (0,1180 < 0,1351). Sedangkan pada variabel Y L kurang dari L (0,1090 hitungtabel < 0,1351), dikatakan bahwa data juga berdistribusi normal. Dilanjut pada uji Linearitas antara variabel X dan variabel Y yang diperoleh hasil dari Fhitung 1,84 < Ftabel 2,19 dapat disimpulkan regresi X atas Y adalah linear. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada persepsi peserta didik mengenai peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan belajar mandiri termasuk ke dalam katagori sangat kuat atau tinggi karena r hitung > xy rxy tabel yaitu sebesar 0,963 > 0,304 dengan taraf signifikan 0,05 N = 42 ������ 0,304. Dan memiliki koefisien determinasi sebesar 92,73 %. Berdasarkan hasil penelitian di atas terdapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi peserta didik mengenai peranan guru pendidikan kewarganegaraan dalam meningkatkan belajar mandiri kelas VIII di SMP Muhammadiyah Parakan. Kata Kunci : Persepsi Peserta Didik Mengenai Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Meningkatkan Belajar Mandiri.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 19 Sep 2015 02:41
Last Modified: 19 Sep 2015 02:41
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/511

Actions (login required)

View Item View Item