Perbedaan hasil belajar Peserta didik kelas viii dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan antara metode diskusi dengan metode role playing di SMP Muhammadiyah 44 Kota Tangerang Selatan. Skripsi PKN 2014

Yuni Wulan Cahyaningsih, . (2014) Perbedaan hasil belajar Peserta didik kelas viii dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan antara metode diskusi dengan metode role playing di SMP Muhammadiyah 44 Kota Tangerang Selatan. Skripsi PKN 2014. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (460kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan melalui metode diskusi dengan metode role playing di kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Tangerang Selatan tahun ajaran 2013-2014 yang memiliki populasi 420 peserta didik. Sampel yang dipilih sebanyak 82 peserta didik dengan menggunakan Teknik Cluster Random Sampling. Metode Penelitian yang digunakan adalah comparative study dan desain eksperimen and control. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode diskusi (X1) dan metode role playing (X2), variabel terikat adalah hasil belajar pendidikan kewarganegaraan (Y). Alat instrument yang digunakan adalah test hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Teknik analisis data yang digunakan peserta didik dibagi menjadi dua kelompok, dimana setiap kelompok diberikan soal dengan materi yang sama tetapi metode yang digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut berbeda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan metode diskusi dan metode role playingi. 2) Dari perhitungan dapat dilihat bahwa = 5,60 dan = 1,664 atau > menunjukkan bahwa Ho ditolak, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan yang sesuai antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode diskusi dan yang menggunakan metode role playing kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Kota Tangerang Selatan tahun ajaran 2013-2014. Kata Kunci : Metode Diskusi, Metode Role Playing, dan Hasil Belajar Peserta didik Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2015 04:06
Last Modified: 18 Sep 2015 04:06
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item