Model pembelajaran make a match dengan model Pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan (studi komparasi di smp muhammadiyah 44 pamulang tahun Ajaran 2013 – 2014). Skripsi PKN 2014

Aidia musfida, . (2014) Model pembelajaran make a match dengan model Pembelajaran numbered head together terhadap hasil belajar pendidikan Kewarganegaraan (studi komparasi di smp muhammadiyah 44 pamulang tahun Ajaran 2013 – 2014). Skripsi PKN 2014. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (192kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12kB)

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan, pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan masih memerlukan perbaikan dalam pemilihan strategi dan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas peserta didik. Faktor – faktor yang melatar belakangi rendahnya hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan, yaitu kurangnya kemampuan pendidik dalam proses belajar mengajar terutama dalam penerapan model pembelajaran yang bersifat konvensional dan monoton, sehingga peserta didik merasa jenuh yang mengakibatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan belum maksimal. Menghadapi permasalahan tersebut, maka upaya yang dilakukan pendidik dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik yaitu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match dengan model pembelajaran tipe Numbered Head Together. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make A Match dan yang diajarkan dengan model pembelajaran Numbered Head Together. Hipotesis yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah diduga terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan model pembelajaran Numbered Head Together. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Two Group Randomized Subject Postest Only. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang. Sampel penelitian ini adalah kelas VII.2 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.3 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis kesamaan dan rata-rata dengan menggunakan uji-t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang sama atau homogen. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 79,7 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 73,4. Setelah dilakukan uji-t dengan nilai sebesar 3,034 dan sebesar 1,991. Dengan demikian, dapat dibuat keputusan bahwa ditolak dan diterima,karena >(3,034 > 1,991). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan model pembelajaran Make A Match dengan model pembelajaran Numbered Head Together. Kata Kunci : Model Pembelajaran Make A Match, Model Pembelajaran Numbered Head Together, Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 18 Sep 2015 03:59
Last Modified: 18 Sep 2015 04:01
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item