Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII di SMP Bhakti Prima Pamulang

Desi Sundriani Saputri, . (2018) Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada siswa kelas VII di SMP Bhakti Prima Pamulang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (433kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (123kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (75kB)

Abstract

Kata kunci : Peningkatan hasil belajar IPS dengan menggunakan media audio visual. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui seberapa tinggi nilai rata-rata hasil belajar sebelum diajar dengan menggunakan media audio visual, (2) untuk mengetahui seberapa tinggi nilai rata-rata hasil belajar setelah diajar dengan menggunakan media audio visual, (3) mengetahui perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode power point. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif quasi eksperimen. Teknik yang pos-test. Penulis menggunakan instrumen penelitan dengan uji validiras soal, uji reliabilitas soal, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Dan analisis data yaitu dengan uji normallitas, uji homogenitas, one sample T test, dan independent sample T test. Berdasarkan hasil analisis (1) Hasil belajar pada kelas eksperimen sebelum diajar menggunakan media audio visual kurang meningkat dan mencapai nilai rata-rata tidak sama dengan 70 (KKM), dikarenkan siswa cenderung menerima pembelajara secara satu arah yaitu mendengarkan penjelasan guru saja. (2) Hasil belajar pada kelas eksperimen setelah diajar menggunakan media audio visual diketahui lebih meningkat dan mencapai nilai rata-rata 70 (KKM) (3) Ada perbedaan hasil belajar tetapi tidak signifikan pada proses pembelajaran dengan menggunakan media audio visual dan menggunakan media lain yaitu power point. Hasil belajar siswa sebelum diajar menggunakan media audio visual menunjukkan bahwa rata-rata nilai pada kelas eksperimen tersebut adalah adalah sebesar 65,9091, sedangkan hasil belajar IPS siswa setelah menggunakan media pembelajaran dapat mencapai nilai rata-rata 78,3333. Sehingga hasil nilai rata-rata pada kelas eksperimen setelah perlakuan dengan nilai rata-rata setelah perlakuan di kelas kontrol terdapat perbedaan.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:55
Last Modified: 18 Sep 2018 06:55
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/5058

Actions (login required)

View Item View Item