Kajian teoritis perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa perbankan ditinjau dari undang – undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan undang – undang no. 10 tahun 1998 tentang perbankan (studi kasus pada bank perkreditan rakyat tangerang)

Aan Handriani, . (2016) Kajian teoritis perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa perbankan ditinjau dari undang – undang no. 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen dan undang – undang no. 10 tahun 1998 tentang perbankan (studi kasus pada bank perkreditan rakyat tangerang). Masters thesis, Universitas Pamulang.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (111kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (52kB)

Abstract

AAN HANDRIANI, 2014740032, “KAJIAN TEORITIS PERLINDUNGAN HUKUM TERHADAP KONSUMEN PENGGUNA JASA PERBANKAN DITINJAU DARI UNDANG – UNDANG NO. 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGAN KONSUMEN DAN UNDANG – UNDANG NO. 10 TENTANG PERBANKAN”. Konsumen adalah salah satu unsur yang sangat menentukan dalam bisnis perbankan. Sehingga perlindungan hukum terhadap konsumen perbankan ini merupakan hal yang patut mendapat perhatian dari semua pihak. Sehubungan dengan hal tersebut dalam tesis ini diangkat dua permasalahan. Pertama bagaimana hubungan hukum antara bank dengan nasabah Kreditur,Debitur dan nasabah pengguna jasa bank lainnya. serta kedua factor – factor apa yang menjadi kendala dalam perlindungan hukum terhadap konsumen perbankan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa hubungan hukum antara bank dengan nasabah berbentuk perjanjian yang mengandung sifat kepercayaan. Perlindungan hukum kepada konsumen perbankan dalam prakteknya belum berjalan sebagaimana mestinya. Adapun factor yang menjadi kendala adalah factor yang berasal dari diri konsumen (internal) dan factor diluar konsumen (external). Factor dari diri konsumen seperti kurangnya informasi yang diperoleh konsumen, kondisi sosial,budaya, pendidikan,tingkat ekonomi serta lemahnya posisi konsumen ketika berhubungan dengan bank. Faktor dari luar konsumen berkaitan dengan penggunaan teknologi perbankan serta kurang berperanya pihak – pihak yang terkait dengan upaya perlindungan hukum terhadap konsumen perbankan. Oleh karena itu perlu adanya kebijakan lebih lanjut yang mengatur secara spesifik mengaenai perlindungan hukum terhadap konsumen perbankan serta peran aktif dari berbagai pihak sehingga pelaksanaan perlindungan hukum terhadap konsumen perbankan ini dapat berjalan dengan optimal. Perlindungan hukum terhadap nasabah bank selaku konsumen dimaksudkan agar nasabah mempunyai hak untuk melakukan pengaduan nasabah serta melakukan forum mediasi perbankan untuk dapat menyelesaikan sengketa dibidang perbankan secara sederhana, murah dan cepat. metode yang dipakai dalam penyelesaian tesis ini adalah dengan cara penelitian lapangan yang dilaksanakan pada Bank Perkreditan Rakyat Kerta Raharja Tangerang serta dengan studi kepustakaan yang dilakukan melalui buku – buku yang berhubungan dengan tesis serta makalah – makalah hukum. Tinjauan Teoritis Perlindungan hukum terhadap konsumen pengguna jasa perbankan ditinjau dari Undang – Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen dan Undang – Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan merupakan jaminan kepastian hukum terhadap nasabah untuk dilindungi dan mendapatkan pelayanan secara benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan jasa yang diberikan. Kata Kunci : Perlindungan Hukum Terhadap Konsumen Pengguna Jasa Perbankan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Abdurahman Saleh
Date Deposited: 14 Sep 2018 07:28
Last Modified: 14 Sep 2018 07:28
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4946

Actions (login required)

View Item View Item