Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Penggajian dan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian terhadap Penggajian (Studi Kasus pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan) (Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Penggajian dan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian terhadap Penggajian (Studi Kasus pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan)( Skripsi Akuntansi S1, 2014 )

Dwi Septiani, . (2014) Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Penggajian dan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian terhadap Penggajian (Studi Kasus pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan) (Pengaruh Sistem Pengendalian Intern Penggajian dan Sistem Informasi Akuntansi Penggajian terhadap Penggajian (Studi Kasus pada PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan)( Skripsi Akuntansi S1, 2014 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi S1. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text
Skripsi akuntansi S1. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text
Skripsi akuntansi S1. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
Skripsi akuntansi. S. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi akuntansi S1. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Sistem penggajian pegawai telah dipusatkan, maksudnya adalah prosedur penggajiannya tidak diatur pada kantor-kantor area sendiri, melainkan kantor distribusi yang mengaturnya. Sehingga kantor area hanya menerima penggajian melalui bank yang telah bekerjasama. Namun sistem penggajian yang digunakan masih terlalu rumit untuk dipahami dan dipelajari sehingga perlu adanya evaluasi dan perbaikan pada sistem yang digunakan. Penelitian ini dilakukan di PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan yang berkedudukan di Jalan Sisingamangaraja, Jakarta Selatan. Data yang digunakan adalah data penggajian pegawai dari bulan Januari 2012-Desember 2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan pelaksanaan sistem pengendalian intern penggajian dan sistem informasi akuntansi penggajian terhadap penggajian di PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan, apakah telah dijalankan dengan baik atau belum dalam pelaksanaannya. Metode yang digunakan adalah metode observasi, digunakan untuk mendapatkan data awal dalam penyusunan penelitian dan metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai sejarah perusahaan, struktur organisasi, data penggajian dan masalah-masalah yang ada hubungannya dengan penelitian dan data perkembangan PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai korelasi parsial antara sistem pengendalian intern penggajian dan sistem informasi akuntansi penggajian terhadap penggajian sebesar 0,929 dengan tingkat hubungan sangat kuat dan koefisien korelasi parsial yaitu thitung 11,505 > ttabel 2,080 yang berarti terdapat hubungan yang signifikan antara sistem pengendalian intern penggajian dan sistem informasi akuntansi penggajian terhadap penggajian di PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan. Serta hasil dari uji regresi berganda sebesar 9,9 yang artinya bila sistem pengendalian intern penggajian dan sistem informasi akuntansi penggajian ditingkatkan sampai optimal (10), maka penggajiannya menjadi 9,9, lalu hipotesis yang dilakukan adalah Ha diterima dengan uji simultan yang dilakukan yaitu Fhitung 72 > Ftabel 3,47 yang berarti terdapat pengaruh antara sistem pengendalian intern penggajian dan sistem informasi akuntansi penggajian terhadap penggajian di PT. PLN (Persero) Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang Area Bulungan. Akhirnya peneliti dapat menyimpulkan bahwa berdasarkan hasil analisis bahwa sistem pengendalian intern penggajian telah dijalankan dengan baik dan sistem informasi akuntansi penggajian dilaksanakan dengan baik pula.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 16 Sep 2015 11:28
Last Modified: 16 Sep 2015 11:28
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/492

Actions (login required)

View Item View Item