Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMPK PENABUR Kota Modern, Tangerang.

Tri Nuryani, . (2018) Pengaruh Model Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran IPS di SMPK PENABUR Kota Modern, Tangerang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (519kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (79kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Motivasi Belajar Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui rata-rata motivasi belajar setelah diajar menggunakan model Snowball Throwing, (2) Untuk mengetahui rata-rata motivasi belajar setelah diajar menggunakan model Talking stick, dan (3) Untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar setelah diajar menggunakan model Snowball Throwing dan motivasi belajar setelah diajar menggunakan model talking Stck. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode quasi eksperimen Non equivalen dengan desain penelitian Control-Group Design. Subyek penelitian ini adalah 74 siswa yang terdiri dari 37 siswa untuk kelas eksperimen dan 37 siswa untuk kelas kendali. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes, angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan uji kualitas data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan one sample T-test dan Independent T-test. Data diolah peneliti menggunakan SPSS For Windows Release 22. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui (1) rata-rata motivasi belajar sesudah diterapkan menggunakan model Snowball Throwing yaitu tidak sama dengan 71, melainkan 58,47. (2) sedangkan motivasi belajar siswa mata pelajaran IPS siswa kelas VIIB sesudah diterapkan Model Talking Stick rata-rata motivasi belajar siswa yaitu adalah 37,65. (3) Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui P Value uji levene 0,066 > 0,05 dan Nilai p value uji t = 0,000 < 0,05 maka Ha diterima atau yg berarti ada beda nyata motivasi belajar antara kelas yang diajar menggunakan model Snowball Throwing dan kelas yang diajar menggunakan model Talking Stick. Saran yang diberikan yaitu guru hendaknya dapat memilih dan menggunakan model pembelajaran inovatif yang tepat sesuai kondisi siswa, materi/bahan ajar, fasilitas yang tersedia, dan kondisi guru itu sendiri.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:57
Last Modified: 14 Sep 2018 02:57
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4917

Actions (login required)

View Item View Item