Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di MA AL-Miftahudin Curugbitung Tahun Pelajaran 2017/2018

Rina Nurmala, . (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Di MA AL-Miftahudin Curugbitung Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (80kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Registered users only

Download (34kB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament, Hasil Belajar Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X di MA Al-Miftahudin Curugbitung Tahun Ajaran 2017/2018. (2) Untuk mengetahui pemanfaatan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi Kelas X di MA Al-Miftahudin Curugbitung Tahun Ajaran 2017/2018. (3) untuk mengetahui seberapa besar dampak dari Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di MA Al-Miftahudin Curugbitung Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan Penelitian model ini meliputi 4 kegiatan yaitu: penyusunan rencana, tindakan, Pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Al- Miftahudin Curugbitung yang terdiri dari 17 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan Pengamatan tes, dan dokumentasi. Pengamatan digunakan untuk mengamati langsung subjek yang diteliti. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar ekonomi siswa. Dokumentasi digunakan untuk mengambil data mengenai proses pembelajaran ekonomi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Game Tournament dapat meningkatkan hasil belajar ekonomi siswa kelas X di MA Al-Miftahudin Curugbitung. melalui rangkaian perbaikan siklus. hasil belajar ekonomi siswa X MA Al-Mifathudin menunjukan bahwa pada siklus I yang mencapai KKM sejumlah 5 siswa 24,41% dari 17 siswa. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebanyak 14 siswa atau 82,35% dari 17 siswa telah mencapai KKM.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 14 Sep 2018 02:51
Last Modified: 14 Sep 2018 02:51
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4916

Actions (login required)

View Item View Item