Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (Studi Komparasi di SMA Darussalam Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang 2015 ( Skripsi PKn, 2015)

Rohidin, . (2015) Model Pembelajaran Group Investigation dan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. (Studi Komparasi di SMA Darussalam Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015). Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pamulang 2015 ( Skripsi PKn, 2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (364kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik pada pokok bahasan Masyarakat Demokrasi, yaitu antara peserta didik yang diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation dan Jigsaw. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Darussalam Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan sampel berjumlah 31 orang peserta didik yang diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation dan 28 orang peserta didik yang diberi perlakuan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw dengan teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada pokok bahasan Masyarakat Demokrasi berupa tes pilihan ganda sebanyak 10 soal dengan lima alternatif jawaban. Dari hasil perhitungan hasil penelitian dengan menggunakan uji-t, memperlihatkan secara signifikan bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang diberi perlakuan dengan model pembelajaran Jigsaw. Hal ini dapat dilihat dari harga > yaitu 3,060 untuk dan 1,673 untuk, Maka dapat disimpulkan bahwa (Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw tidak lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation) ditolak dan menerima (Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik dengan penerapan model pembelajaran Group Investigation lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan penerapan model pembelajaran Jigsaw). Dari hasil penelitian ini, membuktikan bahwa model pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Model Pembelajaran Jigsaw, dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 16 Sep 2015 08:03
Last Modified: 16 Sep 2015 08:03
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item