Peranan sistem pengendalian internal dalam meminimalkan piutang tak tertagih pada hotel novotel Bogor (Skripsi Akuntansi 2014)

Irfan Malik, . (2014) Peranan sistem pengendalian internal dalam meminimalkan piutang tak tertagih pada hotel novotel Bogor (Skripsi Akuntansi 2014). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Akuntansi BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)
[img] Text
Skripsi Akuntansi BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15kB)

Abstract

Tujuan skripsi ini adalah untuk menguji peranan sistem pengendalian internal terhadap piutang tak tertagih. Variabel sistem pengendalian internal dilihat dari prosedur dan aturan yang berlaku pada perusahaan. Sedangkan variabel piutang tak tertagih dilihat dari upaya dalam meminimalkan piutang tak tertagih di Hotel Novotel Bogor. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahun 2011 sampai dengan tahun 2013. Sumber data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini berasal dari sumber internal dan merupakan data primer yaitu data yang diperoleh dari sumber asli. Metode Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan kuesioner. Metode observasi digunakan untuk mendapatkan data awal dalam penyusunan proposal penelitian. Metode wawancara digunakan untuk mendapatkan data mengenai sejarah perusahaan, struktur organisasi, data piutang dan masalah-masalah yang ada hubungannya dengan penelitian serta menyebarkan kuesioner kepada 40 orang responden yang merupakan karyawan Hotel Novotel Bogor untuk dijadikan sampel. Kemudian tehnik analisi data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, regresi, korelasi pearson, koefisien determinasi dan uji t statistik. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat diketahui bahwa sistem pengendalian internal memilik peranan yang signifikan dalam meminimalkan piutang tak tertagih pada Hotel Novotel Bogor sudah cukup efektif, dimana adanya pemisahan antara fungsi-fungsi dengan penjualan dan penerimaan piutang. Pemantauan terhadap piutang tak tertagih juga dilakukan secara periodik oleh bagian piutang yang selalu dimonitor oleh finance controller. Menurut pengujian regresi diperoleh persamaan Y = 13,743 + 0,764x, yang berarti konstanta sebesar 13,743 menyatakan bahwa jika tidak ada sistem pengendalian internal atau sebesar 0, maka peranannya dalam meminimalkan piutang tak tertagih sebesar 13,743 dan Koefisien X sebesar 0,764, menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal (X) berpengaruh positif dalam meminimalkan piutang tak tertagih (Y). Artinya, jika sistem pengendalian internal ditingkatkan sebesar 1 satuan, maka peranannya dalam meminimalkan piutang tak tertagih sebesar 0,764. Dari hasil perhitungan dengan metode korelasi, menunjukan bahwa peranan sistem pengendalian internal dalam meminimalkan piutang tak tertagih dengan nilai r = 0,655 hal ini menunjukkan mempunyai menggunakan peranan yang kuat, sementara itu hasil Kp (Determinasi) diperoleh nilai Kp = 42,9%. Berdasarkan hasil pengujian rumus t maka thitung>ttabel yaknithitung (5,337)>ttabel (2,024) maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Ini berarti bahwa Sistem pengendalian internal sangat berperan dalam meminimalkan piutang tak tertagih pada Hotel Novotel Bogor. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Internal, dan Piutang Tak Tertagih.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2015 11:16
Last Modified: 15 Sep 2015 11:16
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/477

Actions (login required)

View Item View Item