Penggunaan metode pemecahan masalah dengan Metode latihan terhadap prestasi belajar pada Pendidikan kewarganegaraan peserta didik (studi komparasi di smp negeri 9 tangerang selatan tahun 2014)Skripsi PKN 2014

Rino Dedi Aringga, . (2014) Penggunaan metode pemecahan masalah dengan Metode latihan terhadap prestasi belajar pada Pendidikan kewarganegaraan peserta didik (studi komparasi di smp negeri 9 tangerang selatan tahun 2014)Skripsi PKN 2014. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (369kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Rino Dedi Aringga (2009150065), Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pamulang 2015. Metode Pemecahan Masalah Dengan Metode Latihan Terhadap prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik yang diajarkan dengan metode pembelajaran pemecahan masalah dan metode latihan. Populasi terjangkau adalah seluruh peserta didik SMP N 09 Kota Tangerang Selatan yaitu pada kelas VII tahun pelajaran 2013/2014. Data peserta didik pada kelas VII tahun pelajarn 2013/2014 adalah :276. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampel . Dari 4 kelas diambil 4 kelas secara random yaitu kelas VII-3 dengan jumlah 35 peserta didik, VII-4 dengan jumlah 34 peserta didik, VII-5 dengan jumlah 35 peserta didik, VII-6 dengan jumlah 33 peserta didik untuk diadakan pretes untuk menentukan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas VII. Kemudian dari hasil yang diperoleh dapat dilihat kelas yang mempunyai indeks prestasi belajar yang rata – rata sama, yaitu kelas VII-4 Dan kelas VII –5, Maka sampel penelitian dari kedua kelas tersebut masing – masing berjumlah 34 peserta didik dan 35 peserta didik . Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk soal tes prestasi belajar untuk mengetahui prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan. Tes prestasi pendidikan kewarganegaraan ini berupa tes pilihan ganda. Instrument tes yang telah dibuat diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas,karena instrument yang baik adalah instrument tes valid dan reliable. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 77,00, median sebesar 77,30 modus sebesar 91,83, varian sebesar 73,71, dan simpangan baku sebesar 8,59 dan hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata sebesar 69,5, median sebesar 77,49, modus sebesar 84, varian sebesar 56,43, dan simpangan baku sebesar 7,5. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji – t. setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan uji – t maka diperoleh thitung = 3,42. Dengan menggunakan tabel distribusi t pada taraf singnifikan 0,05 derajat kebebasan ( dk=66 ) diperoleh t tabel 2,00 dengan kiteria pengujian hipotesis : jika t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Hi ditolak dan jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima, karena t hitung 3,42 > t tabel 2,00 hal ini terdapat pengaruh yang singnifikan dari penerapan metode pembelajaran pemecahan masalah terdapat peningkatan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik. Hal tersebut juga menunjukan bahwa prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode pemecahan masalah lebih baik dibandingkan dengan prestasi belajar yang menggunakan metode latihan. Kata kunci : Metode Pembelajaran pemecahan masalah, Metode latihan Dan Prestasi Belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 15 Sep 2015 04:17
Last Modified: 15 Sep 2015 04:17
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/472

Actions (login required)

View Item View Item