Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Dwi Putra Ciputat

Sari Darni Meriati Batunaek, . (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMP Dwi Putra Ciputat. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (90kB)

Abstract

Kata Kunci: MetodeTPS, prestasi Belajar IPS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.Rata-rata Prestasi belajar sebelum diajar dengan model pembelajaranThink Pair Share(TPS), 2.Untuk mengetahui rata-rata Prestasi belajar setelah diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dan 3.Untuk mengetahui pengaruh Prestasi belajar kognitif sebelum dan setelah diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen tipe Time Series Design. Pengumpulan data padapenelitian ini adalah menggunakan instrument butir soal pretest dan instrument butir soal posttest. Adapun populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Dwi Putra Ciputat yang berjumlah 87 siswa, dan sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII C di SMP Dwi Putra Ciputat yang berjumlah 28 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui1.Prestasi belajar mata pelajaran IPSsiswa kelas VIII sebelum diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) tidaksama dengan 70, melainkan51,21 berkategori D. Sedangkan prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII sesudah diajar dengan model pembelajaran Think Pair Share(TPS) sama dengan 70, meskipun rata-rata empiris sebesar 84,07 berkategori A, tetapi secara statistika rata-rata bernilai 80 berkategori A. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui terdapat pengaruh prestasi belajar sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS).2.Rata-rata prestasi belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran IPS sebelum diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) rata-rata prestasi siswa sebesar 51,21dan 3.Rata-rata prestasibelajarsiswa setelah diajarkandenganmodel pembelajaranThink Pair Share(TPS) sebesar 84,07secarastatistikadianggapterdapatpengaruh yang signifikanyaitu 32,86.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 03 Sep 2018 07:42
Last Modified: 03 Sep 2018 07:42
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4632

Actions (login required)

View Item View Item