Hubungan keberanian bertanya peserta didik Terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas viii smp informatika Tahun 2013-2014.(Skripsi PKN)

Erniti, . (2014) Hubungan keberanian bertanya peserta didik Terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas viii smp informatika Tahun 2013-2014.(Skripsi PKN). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh keberanian bertanya terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas VIII di SMP Informatika. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII dan SMP Informatika. Populasi target dalam penelitian ini adalah 296 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 103 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 75 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana. Ada 2 ( dua ) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu pengaruh keberanian bertanya (Variabel X ) dan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan( Variabel Y ). Metode pengambilan data Variabel X (variabel terkait) menggunakan angket dan Variabel Y ( varian bebas ) melihat dari hasil nilai laport semester genap. Uji pesyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas. Uji normalitas menggunakan metode lilliefors. Dan dari hasil perhitungan normalitas Variabel X dan Variabel Y bahwa data berdistribusi normal hal ini dapat dilihat dari Lhitung < Ltabel yaitu 0,0867< 0,1023 untuk Variabel X dan Lhitung < Ltabel yaitu 0,0961<0,1023 untuk Variabel Y. Dilanjutkan dengan uji Linearitas antara Variabel X dan Variabel Y yang diperoleh dari hasil Fhitung 1,16 < F tabel 1,71 , Jadi dapat disimpulkan bahwa Ho diterima regresi Y atas X adalah linier yaitu Fhitung 1,16 < F tabel 1,71. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengaruh keberanian bertanya terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan termasuk kedalam katagori sangat tinggi karena r hitung 0,733 jika dikosultasikan kepada r tabel memiliki koefisien determinasi sebesar 73,3%. Berdasarkan penelitian diatas, maka dapat disimpulakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara hubungan bertanya peserta didik terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMP Informatika. Kata Kunci : Keberanian bertanya Hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2015 04:08
Last Modified: 12 Sep 2015 04:08
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item View Item