Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan

Tri Wahyuni, . (2014) Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKN BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (665kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
Skripsi PKN BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasilbelajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik yang diajarkan dengan model pembelajaran Picture and picture dan metode Diskusi. Populasi terjangkau adalah seluruh peserta didik SMAN Kota Tangerang Selatan yaitu pada kelas X tahun pelajaran 2013/2014. Data peserta didik pada kelas X tahun pelajarn 2013/2014 adalah :132. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampel .Dari 4kelas diambil 4 kelas secara random yaitu kelas X-5 dengan jumlah 34 peserta didik, X–6 dengan jumlah 34 peserta didik, X-7 dengan jumlah 36 peserta didik, X- 8 dengan jumlah 28 peserta didik untuk diadakan pretes untuk menentukan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol pada kelas X. Kemudian dari hasil yang diperoleh dapat dilihat kelas yang mempunyai indeks prestasi belajar yang rata – rata sama, yaitu kelas X-5 Dan kelas X – 6, Maka sampel penelitian dari kedua kelas tersebut masing – masing berjumlah 34 peserta didik dan 34 peserta didik . Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk soal tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar pendidikan kewarganegaraan.Tes hasil pendidikan kewarganegaraan ini berupa tes pilihan ganda. Instrument tes yang telah dibuat diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas,karena instrument yang baik adalah instrument tes valid dan reliable. Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh nilai rata – rata kelas eksperimen sebesar 77,8, median sebesar 78,35 modus sebesar 90,35, varian sebesar 109,8, dan simpangan baku sebesar 10,48 dan hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh nilai rata – rata sebesar 67,68, median sebesar 68,7, modus sebesar 81,3, varian sebesar 107,4, dan simpangan baku sebesar 10,36. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji – t. setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan uji – t maka diperoleh thitung = 3,23. Dengan menggunakan tabel distribusi t pada taraf singnifikan 0,05 derajat kebebasan ( dk=66 ) diperoleh t tabel 2,00 dengan kiteria pengujian hipotesis : jika t hitung < t tabel maka Ho diterima dan Hi ditolak dan jika thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Hi diterima, karena t hitung 3,23 > t tabel 2,00 hal ini terdapat pengaruh yang singnifikan dari penerapan model pembelajaran Picture and picture terdapat peningkatan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik. Hal tersebut juga menunjukan bahwa hasil belajar pendidikan kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan Picture and picture lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan metode Diskusi. Kata kunci : Model Pembelajaran Picture and picture, metode diskusi dan hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 12 Sep 2015 04:02
Last Modified: 12 Sep 2015 04:02
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/449

Actions (login required)

View Item View Item