Media Visual dan Media Cetakan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik (Studi Komparasi di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015) ( Skripsi PKn, 2015 )

Fuji Asih Kholisoh, . (2015) Media Visual dan Media Cetakan Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Peserta Didik (Studi Komparasi di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015) ( Skripsi PKn, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (505kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraaan yang diajarkan dengan media visual dan media cetakan pada peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 9 Kota Tangerang Selatan yang beralamat di Jl. Lontar Martil Perum Serua Permai Pamulang – Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII.1 dan kelas VIII.3 tahun ajaran 2014-2015. Populasi terjangkau pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII tahun ajaran 2014-2015 yang berjumlah 135 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dari 4 kelas diambil 2 kelas secara random yaitu kelas VIII.1 dengan jumlah 33 peserta didik dan kelas VIII.3 dengan jumlah 33 peserta didik. Maka sampel penelitian berjumlah 66 peserta didik dengan masing-masing kelas berjumlah 33 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dalam bentuk soal tes hasil belajar untuk mengetahui hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. Tes hasil pendidikan kewarganegaraan ini berupa tes pilihan ganda. Instrumen tes yang telah dibuat diuji coba terlebih dahulu untuk mengetahui tingkat validitas dan reliabilitas karena instrumen yang baik adalah yang valid dan reliable. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 88,03, median sebesar 87,25, modus sebesar 96,38, varian sebesar 47,03 dan simpangan baku sebesar 47,03 dan hasil perhitungan kelas kontrol diperoleh rata-rata 80,9, median sebesar 78,75, modus sebesar 76,7, varian sebesar 50,83 dan simpangan baku sebesar 7,13. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji-t. Setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan uji-t maka diperoleh = 4,75. Dengan menggunakan tabel distribusi t pada taraf signifikan 0,05derajat kebebasan (dk=64) diperoleh = 2,00 dengan kriteria pengujian hipotesis jika < maka Ho diterima dan Hi ditolak dan jika > maka Ho ditolak dan Hi diterima, karena 4,75 > 2,00 hal ini terdapat pengaruh yang signifikan dalam penerapan media visual terdapat peningkatan hasil belajar pedidikan kewarganegaraan peserta didik. Hal tersebut juga menunjukkan bahwa hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan media visual lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar dengan menggunakan media cetakan. Kata Kunci : media visual, media cetakan, dan hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 Sep 2015 11:41
Last Modified: 11 Sep 2015 11:42
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item