Disiplin Belajar Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Sikap Mandiri Peserta Didik ( Studi Kolerasi di SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan ) ( Skripsi PKn, 2015 )

Tati Haryanti, . (2015) Disiplin Belajar Dalam Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Terhadap Sikap Mandiri Peserta Didik ( Studi Kolerasi di SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan ) ( Skripsi PKn, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan pengetahuan berdasarkan data atau fakta yang tepat, sahih, benar, valid dan dapat dipercaya tentang pengaruh antara disiplin belajar dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap sikap mandiri peserta didik kelas VIII di SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014-2015. Penelitian dilakukan terhadap peserta didik kelas VIII SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan, selama dua bulan yaitu bulan Oktober sampai dengan November 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional. Jumlah sampel sebanyak 70 peserta didik dengan teknik simple random sampling (acak sederhana). Instrumen yang digunakan adalah angket berbentuk skala Likert dengan kategori 1 – 3 untuk menjaring data variabel disiplin dalam belajar dan sikap mandiri. Sebelum dipergunakan untuk mengambil data responden dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan relibilitasi sebanyak 10 responden. Berdasarkan hasil pengujian koefisien korelasi dengan menggunakan rumus analisis uji t diperoleh nilai thitung = 4,453 sedangkan ttabel dengan n = 60 sebesar 1,670. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap sikap mandiri peserta didik, karena kriteria perhitungan adalah thitung > ttabel (4,453> 1,670). Berdasarkan penelitian ini, telah berhasil diuji bahwa terdapat pengaruh yang positif antara disiplin belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan terhadap sikap mandiri pesrta didik SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan. Meskipun secara statistik berhasil diuji terdapat pengaruh yang positif antara kedua variabel, peneliti menyadari bahwa faktor disiplin dalam belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan bukanlah satu-satunya faktor yang menentukan tinggi rendahnya sikap mandiri peserta didik. Berdasarkan hasil pengujian data dapat disimpulkan, bahwa Hasil analisis hubungan sederhana tersebut berarti bahwa terdapat hubungan yang positif disiplin dalam belajar terhadap sikap mandiri peserta didik SMP Islamiyah Ciputat Kota Tangerang Selatan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi disiplin belajar dalam Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan maka semakin tinggi pula sikap mandiri peserta didik tersebut. Kata Kunci : Disiplin Belajar, Terhadap Sikap Mandiri Peserta Didik

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 Sep 2015 09:39
Last Modified: 11 Sep 2015 09:40
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item