Kajian Literasi Ekonomi Remaja Dalam Berbelanja di Online Shop (Studi empirik para remaja Karang Taruna Buana Muda Serua Ciputat Kota Tangerang Selatan).

Nia Nur'aini Sanli, . (2018) Kajian Literasi Ekonomi Remaja Dalam Berbelanja di Online Shop (Studi empirik para remaja Karang Taruna Buana Muda Serua Ciputat Kota Tangerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (39kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (81kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (25kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (76kB)

Abstract

Kata kunci: Literasi Ekonomi, Online Shop, Remaja Karang Taruna Penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah para remaja Karang Taruna Buana Muda Serua Ciputat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan langkah-langkah reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi ekonomi remaja ditinjau dari tingkat kognitifnya, rasionalitasnya, dampak positif dan dampak negatif dalam berbelanja online shop serta manfaat online shop. Hasil penelitian menunjukan bahwa jika ditinjau dari tingkat kognitif dari seluruh informan hanya satu informan yang dapat dikatakan literasi ekonomi, namun jika ditinjau dari tingkat rasionalitasnya seluruh remaja tidak literasi ekonomi, Dampak positif dari online shop yaitu dapat belanja di mana saja, lebih praktis dalam berbelanja, dapat menghemat uang dan tenaga. Dampak negatif dari belanja online shop yaitu barang yang datang terkadang tidak sesuai dengan gambar, baik ukuran, warna maupun kualitas barangnya, Maraknya penipuan, Adanya biaya pengiriman, Harus menggunakan kartu debit/kredit, Tidak dapat mencoba produknya. Selain itu, kendala dalam berbelanja online adalah pengiriman yang lama. Manfaat yang dirasakan dalam berbelanja online adalah mereka memiliki banyak pilihan barang dan mudah menemukan barang, lebih murah, mudah membandingkan produk dan hemat waktu.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 14 Aug 2018 05:07
Last Modified: 14 Aug 2018 05:07
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4380

Actions (login required)

View Item View Item