Perbadingan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Inquiry dan Metode Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaraan Kewarganegaraan (Di SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan). ( Skripsi PKn, 2015 )

Rusis, . (2015) Perbadingan Hasil Belajar Peserta Didik Dengan Metode Pembelajaran Inquiry dan Metode Pembelajaran Discovery Pada Mata Pelajaraan Kewarganegaraan (Di SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan). ( Skripsi PKn, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (632kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hasi belajar perserta didik setelah penerapan metode pembelajaran Inquiry dan metode pembelajaran Discovery serta untuk mengetahui apakah menggunakan metode pembelajran Inquiry dan metode pembelajaran Discovery dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan true experimental dengan pre test- post test control design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2013/2014, teknik pengambilan sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah cluster-random sampling, yang dimaksud cluster adalah kelas yang ada pada sekolah. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian ialah kelas VIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIB sebagai kelas control, pengumpulan data dilakukan melalui metode test. Teknik analisis data yang dilakukan adalah uji persyaratan analisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan serta uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik setelah menggunakan metode pembelajaran Inquiry dan metode pembelajaran Discovery mengalami peningkatan dan memperoleh nilai yang cukup baik, sehingga dengan metode pembelajaran Inqury dan metode pembelajaran Discovery pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di kelas VII SMP Negeri 1 Kota Tangerang Selatan tahun pelajaran 2014/2015 dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Hasil Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan dan Pancasila

Item Type: Other
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 Sep 2015 09:23
Last Modified: 11 Sep 2015 09:23
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/438

Actions (login required)

View Item View Item