Implementasi Penilaian Sikap Sosial, Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Studi Empirik pada Guru Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan).

Novi Dwi Astuti, . (2018) Implementasi Penilaian Sikap Sosial, Pada Kurikulum 2013 Revisi 2017 (Studi Empirik pada Guru Mata Pelajaran IPS Kelas VII SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB I.rtf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB II.rtf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB III.rtf
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[img] Text
BAB IV.rtf
Restricted to Registered users only

Download (49MB)
[img] Text
BAB V.rtf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (81kB)

Abstract

Kata Kunci: Pendidikan, Kurikulum 2013 Revisi 2017, Penilaian Sikap Sosial Penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah penilaian sikap sosial pada kurikulum 2013 revisi 2017. Lokasi penelitian di SMP Negeri 21 Kota Tangerang Selatan. Penelitian ini merupakan kualitatif deskripstif dengan subjek penelitian guru mata pelajaran IPS kelas VII dan beberapa informan kunci antara lain guru BK, waka kurikulum, kepala sekolah serta informan tambahan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, verification. Teknik pengecekan keabasahan temuan dengan menggunakan ketekunan peneliti dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada tiga tahapan dalam penilaian sikap sosial pada kurikulum 2013 revisi 2017 yaitu : pertama, tahap perencanaan yang tercantum dalam RPP guru sudah sesuai dengan pedoman penilaian pendidik dari pemerintah. Dalam tahap perencanaan terdapat tiga langkah yang dilakukan guru yaitu identifikasi sikap sosial, menyesuiakan indikator dengan KI-2, memilih teknik penilaian. Kedua, tahap pelaksanaan yaitu pelaksanaan penilaian sikap sosial melibatkan guru mata pelajaran, wali kelas dan guru BK, penilaian sikap sosial dilaksanakan dalam pembelajaran maupun diluar pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan guru melihat sikap sosial siswa, mengamati sikap sosial siswa, membuktikan rekam jejak sikap sosial siswa yang telah diamati sebelumnya, mengikuti perkembangan sikap sosial siswa, mencatat nilai sikap sosial siswa. Ketiga, tahap pengolahan guru membuat rumusan deskripsi singkat sikap sosial, mengumpulkan deskripsi singkat dari guru BK dan guru mata pelajaran, menyesuaikan capaian sikap sosial siswa dengan guru BK, pelaporan penilaian sikap sosial dalam bentuk predikat dan deskripsi, pada tahap pengolahan penilaian dalam bentuk predikat A, B, dan C, sedangkan deskripsi dalam bentuk pernyataan yang menunjukan capaian sikap sosial selama proses pembelajaran dalam satu semester.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 14 Aug 2018 04:37
Last Modified: 14 Aug 2018 04:37
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4369

Actions (login required)

View Item View Item