Perbandingan Metode Simulasi dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan) Tahun Ajaran 2014-2015 ( Skripsi Pkn, 2015 )

Yurlina Hia, . Perbandingan Metode Simulasi dengan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang Kota Tangerang Selatan) Tahun Ajaran 2014-2015 ( Skripsi Pkn, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode simulasi dan diskusi dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah two group postest. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas X SMK Sasmita Jaya 1 Pamulang, sedangkan populasi terjangkaunya adalah peserta didik kelas X AK 70 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk 20 soal pilihan ganda dan observasi. Tes telah diuji kevaliditasanya dan lembar observasi psikomotorik kelompok peserta didik pada pembelajaran dengan metode eksperimen. Uji yang digunakan dalam pengujian hipotesis uji t satu pihak dan atau uji t dua pihak. Hasil penelitian ini diperoleh perbandingan, peserta didik yang berasal dari kelompok perlakuan yang menggunakan metode pembelajaran simulasi rata-rata seluruhnya 83, 7 dengan standart deviasi 12,42 serta lhitung 0,019 dan ltabel 0,2580 dan peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi, dengan rata-rata skor seluruhnya 76,15 dengan standard deviasi 8,85 serta lhitung 0,0658 dan ltabel 0,1502. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh thitung = 3,05 dan ttabel = 0,22 atau thitung ≥ ttabel yang menunjukan bahwa Ho ditolak, bahwa ini terdapat perbedaan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan metode simulasi dengan metode diskusi. Kesimpulan: metode simulasi mempunyai perbandingan yang signifikan terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan, metode simulasi lebih memberikan peningkatan dari segi akademis maupun segi minat belajar peserta didik. Kata kunci: Metode Simulasi, Metode Diskusi dan Hasil Belajar Peserta Didik.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 Sep 2015 08:38
Last Modified: 11 Sep 2015 08:38
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/436

Actions (login required)

View Item View Item