Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction Dengan Model Pembelajaran Talking Stick (Studi Kasus di SMPN 8 Puspitek Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2013/2014) (Skripsi PKn, 2014 )

Salmah, . (2014) Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau Melalui Model Pembelajaran Problem Based Introduction Dengan Model Pembelajaran Talking Stick (Studi Kasus di SMPN 8 Puspitek Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2013/2014) (Skripsi PKn, 2014 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn, BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (254kB)
[img] Text
Skripsi PKn, BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
Skripsi PKn, BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
Skripsi PKn, BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
Skripsi PKn, BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar antara penggunaan modelpembelajaran problem based introduction dengan model pembelajaran talking stick pada peserta didik kelas VIII.5 dan VIII.6 di SMPN 8 Puspitek Kota Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2013-2014. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII.Populasi tersebut terdiri dari 6 kelas berjumlah 212 peserta didik.Teknik pengambilan sampel dengan random sampling. Sehingga diperoleh sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII5 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 peserta didik dan kelas VIII6 sebagai kelas Kontrol berjumlah 36 peserta didik. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar peserta didik menggunakan observasi.Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistic ttest(Uji t). Berdasarkan hasil analisis data di peroleh thitung= 8,718 dan ttabel=1,997 atau thitung≥ttabel yaitu menunjukan bahwa Ho ditolak,dan Hi diterima ini berarti pada tingkat kepercayaan 97% hasil pembelajaran peserta didik yang menggunakan model pembelajaran problembased introduction lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan hasil pembelajaran yang menggunakan talking stick . Perbedaan tersebut dapat ditunjukan dari hasil rata-rata belajar (81,16 untuk kelas Ekperimen dan 64,70 untuk kelas Kontrol),yang berarti skor rata-rata hasil belajar peserta didik pada kelas ekperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Introduction lebih baik dibandingkan dengan kelas control yang menggunakan model pembelajaran talking stickpada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas VIII SMPN 8 Puspitek Tangerang Selatan tahun ajaran 2014/2015,dimana model pembelajaran problem based introduction lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar Pendidikan kewarganegaraan Kesimpulannya model Problem Based Introduction mempunyai perbandingan yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.Perbedaan tersebut dapat ditunjukan dari rata-rata hasil belajar (81,16untuk kelas Ekperimen dan untuk kelas 64,70 Kontrol) dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. ModelProblem Based Introduction lebih memberikan peningkatan dari segi akademis maupun segi keaktifan belajar peserta didik. Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Introduction dan Hasil Belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 Sep 2015 06:35
Last Modified: 11 Sep 2015 06:35
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/431

Actions (login required)

View Item View Item