Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Ix Smp 1945 Jakarta

Ewi Iswanti, . (2018) Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas Ix Smp 1945 Jakarta. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Registered users only

Download (340kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (772kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Registered users only

Download (74kB)
[img] Text
JURNAL .doc
Restricted to Registered users only

Download (149kB)

Abstract

Kata Kunci : Lingkungan Keluarga, Prestasi Belajar Siswa. Lingkungan keluarga merupakan lingkungan pendidikan yang pertama, karena dalam keluarga inilah anak pertama-tama mendapatkan didikan dan bimbingan”. Juga dikatakan lingkungan yang utama, karena sebagian besar dari kehidupan anak-anak adalah dalam keluarga, sehingga pendidikan yang banyak diterima oleh anak adalah dalam keluarga, dimana faktor orang tua sangat besar pengaruhnya terhadap keberhasilan anak dalam belajar. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana gambaran lingkungan keluarga siswa kelas IX SMP 1945 Jakarta, 2) Bagaimana gambaran prestasi belajar siswa kelas IX SMP 1945 Jakarta, 3) Adakah pengaruh lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IX SMP 1945 Jakarta. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif yang digunakan untuk mengukur variabel bebas dan variabel terikat dengan menggunakan angka-angka kemudian diolah menjadi statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP 1945 Jakarta sebanyak 30 siswa, sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh, seluruh populasi yang menjadi sampel dalam penelitian ini (sampel jenuh). Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan metode analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji kualitas data menggunakan uji normalitas dan uji heteroskedastisitas, dan uji hipotesis dengan analisis regresi sederhana. Data diolah peneliti menggunakan SPSS For Windows Release 22. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh signifikan Lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar siswa siswa kelas IX 1945 Jakarta yang ditunjukkan dengan koefisien korelasi sebesar 0.806 dan nilai Thitung>Ttabel, 7.198> 2.0482 dan koefisien determinasi sebesar 6.37% artinya variabel ini memiliki signifikan antara lingkungan keluarga terhadap prestasi belajar kelas IX SMP 1945 Jakarta.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 17 Jul 2018 03:31
Last Modified: 17 Jul 2018 03:31
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item