Pengaruh Pembelajaran Hak Asasi Manusia Terhadap Sikap Toleransi Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Perintis I Sepatan Tahun Ajaran 2017/2018.

Lita Fauzia, . (2018) Pengaruh Pembelajaran Hak Asasi Manusia Terhadap Sikap Toleransi Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Perintis I Sepatan Tahun Ajaran 2017/2018. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (161kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar Pengaruh Pembelajaran Hak Asasi Manusia Terhadap Sikap Toleransi Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Perintis I Sepatan. Tahun Ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan desain regersi sederhana. Populasi target peserta didik kelas X dengan jumlah populasi 88 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau kelas X keseluruhan 42 peserta didik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus solvin sehingga dipilih jumlah sebanyak 30, yang diambil dengan teknik random sampling (acak). Terdapat dua variabel yang di kaji dalam penelitian ini, yaitu pembelajaran hak asasi manusia (variabel X) dan sikap toleransi (variabel Y). metode pengambilan data pada variabel X adalah dengan menggunakan instrument objektif, sedangkan untuk variabel Y menggunakan angket (kuesioner). Instrument penelitian variabel X berjumlah 30 soal dan variabel Y 30 soal. Sebelum dilakukan uji analisis instrument terhadap data yang telah diperoleh, dilakukan uji persyaratan analisis terlebih dahulu berupa uji normalitas, homogenitas, dan lineritas. Perhitungan uji normalitas dilakukan dengan uji lilliefors dari perhitungan uji normalitas variabel X diperoleh nilai L^hitung=0,9749>L^(tabel =) 0.161 dan variabel Y nilai L^hitung= 0.974>L^tabel= 0.161, maka data normal. Dilanjutkan dengan uji homogenitas, di peroleh F^(h.itung)= 7.6629> dan F^tabel = 1.6064 maka data tidak homogen, terakhir dilakukan uji lineritas diperoleh nilai F^hitung =-1.33161018<F^tabel = 3.55268674, maka liner. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan melakukan uji r-korelasi menggunakan rumus spearmen-rank untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dengan variabel Y diperoleh nilai T^hitung = 2.664944771. >〖 T〗^tabel= 1.70113 (α=0.1 (1%) dan dk 30-2=28, dari hasil perhitungan H_o ditolak dan H_i diterima maka dapat diketahui adanya pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y. penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajaran hak asasi manusia mempengaruhi sikap toleransi peserta didik dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan, artinya pemebelajaran hak asasi manusia sangat penting bagi peserta didik. Kata kunci : Hak Asasi Manusia, Sikap Toleransi, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 17 Jul 2018 03:25
Last Modified: 17 Jul 2018 03:25
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4302

Actions (login required)

View Item View Item