Metode Simulasi Dan Metode Ceramah Pada Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Komparasi di SMK Sasmita Jaya Pamulang Tangerang Selatan Tahun pelajaran 2014-2015 ) ( Skripsi PKn, 2015 )

Ida Royani, . (2015) Metode Simulasi Dan Metode Ceramah Pada Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik (Studi Komparasi di SMK Sasmita Jaya Pamulang Tangerang Selatan Tahun pelajaran 2014-2015 ) ( Skripsi PKn, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text
Skripsi Pkn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (562kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (965kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan Metode Simulasi lebih tinggi dibandingkan peserta didik yang menggunakan Metode Ceramah. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah diduga bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan Metode Simulasi lebih baik dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dibandingkan dengan menggunakan Metode Ceramah pada peserta didik kelas X SMK Sasmita Jaya Pamulang. Metodeyang digunakan adalah Metode Eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah KelasX AP 3 sebagai kelaseksperimen dan kelas X AP 4 sebagai kelaskontrol. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t, karena adaberdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogeny. Berdasarkan analisis data diperoleh thitung = 0,257 dan ttabel 0,344 atau thitung > ttabel yaitu menunjukan bahwa Ho ditolak, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajarPendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan Metode Simulasi dengan peserta didik yang pembelajarannya menggunakan MetodeCeramah. Kesimpulan bahwa Metode Simulasi lebih baik dibandingkan Metode Pembelajaran Ceramah terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada peserta didik kelas X SMK Sasmita Jaya Pamulang Tahun Pelajaran 2015. MetodeSimulasi lebih memberikan peningkatan dari segi akademis maupun segi minat, walaupun masih ada peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah,. Tetapi secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami peningkatan secara bertahap. Kata Kunci : Metode Simulasi, MetodeCeramah, hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 Sep 2015 06:14
Last Modified: 11 Sep 2015 06:14
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/430

Actions (login required)

View Item View Item