Model Pembelajaran tipe Group Investigation dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi Peserta Didik di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tahun Pelajaran 2014/2015) ( Skripsi PKn, 2015 )

Siti Zulaiha, . (2015) Model Pembelajaran tipe Group Investigation dengan Metode Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi Peserta Didik di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tahun Pelajaran 2014/2015) ( Skripsi PKn, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (746kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan Model Pembelajaran tipe Group Investigation lebih tinggi dari pada peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Ceramah. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah diduga bahwa hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation lebih tinggi dari pada hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode pembelajaran Ceramah di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen.Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang kelas X .Sampel penelitian adalah kelas X TSM 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM 2 sebagai kelas kontrol.Teknik analisi data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menggunakan uji-t, karena data berdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Berdasarkan analisi data diperoleh thitung = 2,695 dan ttabel = 2,002atau thitung ≥ ttabel yaitu menunjukan bahwa Ho ditolak, ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran tipe Group Investigation dengan peserta didik yang pembelajaranya menggunakan metode pembelajaran Ceramah. Kesimpulannya model pembelajaran tipe Group Investigation mempunyai perbandingan yang signifikan terhadap hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Model pembelajaran tipe Group Investigation lebih memberikan peningkatan dari segi akademis maupun segi minat, walaupun masih ada peserta didik yang memperoleh hasil belajar rendah.Tetapi secara keseluruhan dapat dikatakan mengalami peningkatan secara bertahap. Kata Kunci: Model Pembelajaran Group Investigation,Metode Ceramah,hasil belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 11 Sep 2015 04:08
Last Modified: 11 Sep 2015 04:11
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/428

Actions (login required)

View Item View Item