Metode bermain peran dengan metode kerja kelompok Pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan(Studi Komparasi Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015)

Nurul Anwar, . Metode bermain peran dengan metode kerja kelompok Pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan Kewarganegaraan(Studi Komparasi Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi Kewarganegaraan BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB)
[img] Text
Skripsi Kewarganegaraan BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
Skripsi Kewarganegaraan BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text
Skripsi Kewarganegaraan BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB)
[img] Text
Skripsi Kewarganegaraan BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

NURUL ANWAR, 2011150129. metode bermain peran dengan metode kerja kelompok pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi (Studi Komparasi Kelas VIII di SMP Muhammadiyah 22 Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015). Tujuan penelitian ini adalah untuk yaitu untuk membandingkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan melalui metode bermain peran dengan metode kerja kelompok. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini adalah Diduga hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dengan menggunakan metode bermain peran lebih baik dibandingkan dengan metode kerja kelompok di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang Tangerang Selatan. Dalam penelitian ini uji normalitas skor kelompok peserta didik yang menggunakan pembelajaran metode bermain peran diperoleh harga Lh = 0,3121 dan untuk pembelajaran metode kerja kelompok Lh = 0,3073 sedangkan Ltabel untuk kelompok peserta didik yang menggunakan metode bermain peran adalah 0,161 dan Ltabel kelompok peserta didik yang menggunakan metode kerja kelompok adalah 0,161 yang berarti kedua kelompok populasi tidak berdistribusi normal, akan tetapi uji komparatif analisis tetap dilanjutkan. Dari hasil penelitian ini diperoleh peserta didik yang berasal dari kelompok pembelajaran dengan metode bermain peran rata-rata seluruhnya 84,5 dengan standar deviasi 7,07 dan kelompok peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan metode kerja kelompok rata-rata skor seluruhnya 57,5 dengan standar deviasi 6,99 Jadi, perbandingan antara metode bermain peran dengan metode kerja kelompok adalah 7,07 dan 6,99. Dari hasil perhitugan didapat harga Thitung = 150 dan Ttabel = 1,67155 berarti Thitung > Ttabel maka hipotesis diterima. Dengan kata lain data menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode bermain peran lebih tinggi dibandingkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode kerja kelompok di SMP Muhammadiyah 22 Pamulang. Kata Kunci : Metode Bermain Peran, Metode Kerja Kelompok, Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2015 11:42
Last Modified: 12 Sep 2015 02:44
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/421

Actions (login required)

View Item View Item