Model Pembelajaran Group Investigation Dan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMA N 8 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015)( Skripsi PKn, 2015 )

Wahyu Sri Wulan Sari, . (2015) Model Pembelajaran Group Investigation Dan Metode Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di SMA N 8 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015)( Skripsi PKn, 2015 ). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
Skripsi PKn. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (414kB)
[img] Text
Skripsi PKn. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan Hasil Belajar Model Pembelajaran Group Investigation dengan metode Tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2014/2015. Sedangkan untuk populasi terjangkaunya adalah kelas XI yang terdiri dari 7 kelas. Sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling, sehingga diperoleh sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data untuk hasil belajar peserta didik menggunakan metode perbandingan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistic (Uji-t). Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai thitung=16,773 dan ttabel=1,66571 pada α = 5% dimana thitung > ttabel (16,773 > 1,66571), maka hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Hi diterima. Ini berarti terdapat perbedaan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan yang signifikan antara peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Group Investigation dan dengan metode Tanya jawab. Adanya perbedaan tersebut ditunjukkan dari hasil rata – rata belajar (85,29 > 81,89) yang berarti skor rata – rata hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Group Investigation lebih baik dibandingkan dengan metode Tanya jawab pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas XI di SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : Model Pembelajaran Group Investigation dan Hasil Belajar.

Item Type: Other
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 10 Sep 2015 10:02
Last Modified: 10 Sep 2015 10:04
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item