Pengaruh Peranan Guru Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Ma'rifah, . (2018) Pengaruh Peranan Guru Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (40kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (281kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Peranan Guru terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VII dan VIII di MTs A-Hidayah Cinangka, Sawangan kota Depok. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII1, VII2, VII3, VIII1, VII2, VII3, VIII4 tahun ajaran 2017-2018. Populasi target dalam penelitian ini adalah 201 peserta didik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 134 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan 134 peserta didik. Besarnya sampel dari masing-masing kelas yaitu 22 di kelas VII1, 22 di kelas VII2, 21 dikelas VII3 , 17 di kelas VIII1, 17 di kelas VIII2, 17 di kelas VIII3 dan 18 dikelas VIII4. Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Peranan Guru (variabel X) dan Sikap Nasionalisme Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (variabel Y). Metode pengambilan data pada varaibel X dan variabel Y yaitu dengan menggunakan angket (kuesioner). Sebelum mengambil data dari responden, dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reliabilitas yang berguna untuk mengetahui kebenaran instrumen. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas Chi Khuadrat. Hasil dari perhitungan uji normalitas pada variabel X dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena X²hitung 83.3223 lebih kecil dari X²tabel 159.8135. Dan perhitungan pada variabel Y dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena X²hitung 83,3223 lebih kecil dari X²tabel 159,8135. Dilanjutkan ke dalam uji linearitas antara variabel X dan variabel Y dan diperoleh Fhitung 0,004373 < Ftabel 1,5105. Sehingga dapat dikatakan bahwa data adalah linier. Kemudian melakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi (N = 134 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh rxy hitung 0,9719 lebih besar dari rxy tabel 0,1697. Uji t (N = 134 dengan taraf signifikan α = 0,05 diperoleh tthitung 1,9031 > ttabel 1,6563. Hasil pengujian memiliki koefisien determinasi sebesar 0,00944 %.Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa H1 diterima, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Peranan Guru Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII dan VIII di MTs Al-Hidayah Cinangka. Kata Kunci : Peranan Guru PPKn dan Sikap Nasionalisme Peserta didik.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 31 May 2018 02:18
Last Modified: 31 May 2018 02:18
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4146

Actions (login required)

View Item View Item