Pengaruh Persepsi Peserta Didik Mengenai Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatf, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan

Sri Apriliyanti, . (2018) Pengaruh Persepsi Peserta Didik Mengenai Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatf, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (76kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (66kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (31kB)
[img] Text
JURNAL .docx
Restricted to Registered users only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris ada tidaknya pengaruh signifikan Persepsi Peserta Didik Mengenai Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatf, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Terhadap Motivasi Belajar Pendidikan Pancasila Kewarganegaraan (Studi Korelasi di SMP N 6 Tangerang Selatan). Sebelum instrumen variabel X dan variabel Y digunakan untuk mengambil data responden, telah terlebih dahulu melalui tahapan uji validit as dan uji reabilitas. Pada uji validitas, jumlah instrumen variabel X yang diuji sebanyak 20 pernyataan angket, dimana yang lolos kevalidannya sebanyak 20 pernyataan angket. Sedangkan untuk instrumen variabel Y yang berjumlah 20 pernyataan angket, yang lolos kevalidannya sebanyak 20 pernyataan angket. Jadi jumlah instrumen variabel X yang digunakan untuk pengambilan data yang sebenarnya berjumlah 20 pernyataan angket dan untuk instrumen variabel Y berjumlah 20 pernyataan angket. Uji persyaratan analisis yang digunakan adalah uji normalitas liliefors dan uji homogenitas. Dalam uji normalitas variabel X (Persepsi Peserta didik Mengenai Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan), diketahui bahwa data sudah berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung - 73,59 < Ltabel 0,78 Dan dalam uji normalitas variabel Y (Motivasi Belajar), diketahui bahwa data sudah berdistribusi normal, hal ini dapat dilihat dari Lhitung - 77,5147< Ltabel 0,79.. Selanjutnya dilakukan uji persyaratan analisis menggunakan uji homogenitas, dimana diketahui bahwa Fhitung 1,14< Ftabel 3,04. Dengan konsekuensinya H0 diterima atau data homogen. Terakhir dilakukan uji linieritas diperoleh nilai Fhitung -1,03< Ftabel 3,92 sehingga dapat disimpulkan pengaruh antara variabel X dengan variabel Y adalah linier. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan melakukan uji r - korelasi menggunakan rumus Y= a ± bX untuk mengetahui tingkat signifikansi variabel X terhadap variabel Y diperoleh untuk nilai Fhitung -1,03< Ftabel 3,92 (α= 0,05 (5%)) dan (dk = 90 - 2 = 88), dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui bahwa adanya pengaruh signifikan variabel X terhadap variabel Y. Kata Kunci : Pengaruh Persepsi Peserta Didik Mengenai Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatf, Efektif, dan Menyenangkan (PAIKEM) Terhadap Motivasi Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 28 May 2018 02:41
Last Modified: 28 May 2018 02:41
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item