Metode diskusi dan metode sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi komparasi di kelas XI SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang)

Handayani, Ira (2015) Metode diskusi dan metode sosiodrama dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (studi komparasi di kelas XI SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang). Universitas Pamulang.

[img] Text
Skripsi PKn BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] Text
Skripsi PKn BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
Skripsi PKn BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB)
[img] Text
Skripsi PKn BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text
Skripsi PKn BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Ira Handayani, 2011150130. Metode Diskusi dan Metode Sosiodrama dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi Kelas XI SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tangerang Selatan Tahun Pelajaran 2014/2015). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil perbandingan dalam menggunakan metode sosiodrama dengan metode diskusi terhadap hasil belajar pada peserta didik di dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang Tangerang Selatan kelas XI tahun pelajaran 2014/2015. Dalam penelitian ini uji normalitas skor kelompok peserta didik yang menggunakan pembelajaran metode sosiodrama diperoleh harga Lh = 0,1374 dan untuk pembelajaran metode diskusi Lh = 0,1258 sedangkan Ltabel untuk kelompok peserta didik yang menggunakan metode sosiodrama adalah 0,161 dan Ltabel kelompok peserta didik yang menggunakan metode diskusi adalah 0,161 yang berarti kedua kelompok populasi berdistribusi normal. Dari hasil penelitian ini diperoleh peserta didik yang berasal dari kelompok pembelajaran dengan metode sosiodrama rata-rata seluruhnya 72,9 dengan standar deviasi 9,13 dan kelompok peserta didik yang mendapat pembelajaran dengan metode diskusi rata-rata skor seluruhnya 55,3 dengan standar deviasi 8,04. Jadi, perbandingan antara metode sosiodrama dengan metode diskusi adalah 9,13 dan 8,04. Dari hasil perhitugan didapat harga Thitung = 8,529 dan Ttabel = 2,002 berarti Thitung > Ttabel maka hipotesis diterima. Dengan kata lain data menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode sosiodrama lebih baik dibandingkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan peserta didik yang menggunakan metode diskusi di SMK Sasmita Jaya 2 Pamulang. Kata Kunci : Metode Sosiodrama, Metode Diskusi, Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Unnamed user with email admineprints@unpam.ac.id
Date Deposited: 09 Sep 2015 12:02
Last Modified: 09 Sep 2015 12:03
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/389

Actions (login required)

View Item View Item