Project Based Learning dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di MTs Daarul Hikmah Pamulang Barat Tahun Pelajaran 2017).

Khumaedah, . (2017) Project Based Learning dan Ceramah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (Studi Komparasi di MTs Daarul Hikmah Pamulang Barat Tahun Pelajaran 2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
FILE COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (110kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (136kB)

Abstract

Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk membuktikan apakah metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dibandingkan dengan metode ceramah. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII MTS Daarul Hikmah Pamulang Barat. Indikator adalah skor yang diperoleh peserta didik melalui tes pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Alat pengumpulan data penelitian menggunakan tes hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Dari hasil penelitian ini diperoleh, peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode project based learning dengan rata-rata skor seluruhnya 80,33 dengan standar deviasi 9,8 dan peserta didik yang mendapatkan pembelajaran dengan metode ceramah dengan rata-rata skor 78,8 dan standar deviasi 14,60. Dari hasil perhitungan uji hipotesis didapat harga t_hitung = 3,61 dan〖 t〗_tabel = 1,683 berartit_(hitung ≥) 〖 t〗_tabel maka hipotesis ditolak. Dengan perkataan lain yang menunjukan bahwa metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasila dan kewarganegaraan peserta didik dibandingkan dengan metode ceramah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode project based learning dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dibandingkan dengan metode ceramah di Kelas VII MTS Daarul Hikmah Pamulang Barat. Kata Kunci : Metode Project Based Learning, Metode Ceramah, Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 02 May 2018 07:39
Last Modified: 02 May 2018 07:39
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3884

Actions (login required)

View Item View Item