Pengaruh penggunaan telepon genggam (HP) terhadap efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Islam Nurul Hidayah Depok

Lisneni, . (2017) Pengaruh penggunaan telepon genggam (HP) terhadap efektifitas belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Islam Nurul Hidayah Depok. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (838kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (130kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fasilitas apa saja di dalam telepon genggam (HP) yang sering dimanfaatkan siswa, kemudian untuk mengetahui apakah dengan penggunaan telepon genggam sebagai media pembelajaran dapat mampu meningkakan efektifitas belajar siswa serta untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan telepon genggam (HP) terhadap efektifitas belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitaif yakni penelitian yang informasinya atau data-datanya dikelola dengan statistik. Sementara desain yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah studi korelasi yaitu penelitian yang melihat hubungan antara beberapa variabel dengan melihat koefisien. Terdapat dua variabel yag dikaji dalam penelitian ini, yaitu Penggunaan Telepon Genggam (HP) (Variabel X) dan Efektifitas Belajar (Variabel Y). Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Nurul Hidayah Depok yaitu 51 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 siswa diambil dengan teknik cluster random sampling. Pengambilan data untuk variabel X dengan menggunakan angket (kuisioner) dan untuk variabel Y menggunakan test. Pengujian kebenaran instrumen variabel X dan Y dilakukan dengan uji validitas dan reliabilitas instrument. Hasil dari penelitian ini adalah ada pengaruh korelasi positif yaitu sebesar r = 0,024038 yang termasuk kategori sangat lemah (0,00-0,199). Selanjutnya koefiesien determinasi yang diperoleh yaitu 0,06%, hal ini membuktikan bahwa pengaruh penggunaan telepon genggam terhadap efektifitas belajar peserta didik sebesar 0,06%. Sehingga berdasarkan hasil pengujian rumus diatas maka t_hitung < t_tabel yaitu 0,1153174 < 1,71. Jadi dapat diartikan tidak ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan telepon genggam terhadap efektifitas belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn di SMP Islam Nurul Hidayah Depok pada kelas VIII Tahun Ajaran 2016-2017. Kata Kunci : Penggunaan Telepon Genggam (HP), Efektifitas Belajar

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 02 May 2018 07:28
Last Modified: 02 May 2018 07:28
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3882

Actions (login required)

View Item View Item