Pembelajaran Demokratis dengan Pembelajaran Otoriter Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. (Studi Khusus dilaksanakan di SMK Yayasan Pengabdian Umat Islam Parung Tahun Ajaran 2016/2017

Uji Rahmawan, . (2017) Pembelajaran Demokratis dengan Pembelajaran Otoriter Terhadap Motivasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. (Studi Khusus dilaksanakan di SMK Yayasan Pengabdian Umat Islam Parung Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER .docx
Restricted to Registered users only

Download (668kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (68kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (43kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (82kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbandingan pembelajaran Demokratis dengan pembelajaran Otoriter dalam proses pembelajaran bidang studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Yayasan Pengabdian Umat Islam Parung , Bogor. Metode ini menggunakan quasi eksperimen yaitu suatu metode yang penelitianya langsung ke kelas dengan membandingkan 2 kelas pilihan. Sampel penelitian berjumlah 171 peserta didik, namun populasi terjangkau ditetapkan sebanyak 74 peserta didik. Teknik pengambilan sampel adalah random sampeling sederhana. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu angket yang mengacu pada sekla likert, yang terdiri dari 27 pernyataan yang valid dan reliabel. Dari hasil perhitungan normalitas dengan chi kuadrat masing-masing variabel diperoleh ²hitung sebesar -228,24 dan -39,56 sedangkan ²tabel sebesar 50,998 dan 50,998, dengan demikian masing-masing data berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas menunjukan bahwa kedua variabel tersebut homogen, hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 1,39 < Ftabel sebesar 1,74. Dari hasil uji “t” didapatkan hasil perhitungan thitung sebesar 7,2069 dan ttabel sebesar 1,9935 atau thitung > ttabel, dengan demikian terdapat perbedaan antara pembelajaran Demokratis dengan pembelajaran Otoriter terhadap motivasi belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di SMK Yayasan Pengabdian Umat Islam Parung, Bogor. Kata Kunci : Pembelajaran Demokratis dan Pembelajara Otoriter, Motivasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 02 May 2018 06:09
Last Modified: 02 May 2018 06:09
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3877

Actions (login required)

View Item View Item