Interaksi Sosial Membentuk Perilaku Prososial (Perspektif PKn dalam Studi Kasus di SMK Negeri Kota Tangerang Selatan)

Subarto, . (2017) Interaksi Sosial Membentuk Perilaku Prososial (Perspektif PKn dalam Studi Kasus di SMK Negeri Kota Tangerang Selatan). Jurnal Keguruan dan Imu Pendidikan, 5. pp. 7-81. ISSN 2302-0865

[img]
Preview
Text
Jurnal PPKn Vol 5 Maret 2017.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara interaksi sosial peserta didik terhadap perilaku prososial peserta didik SMK Negeri se Kota Tangerang Selatan tahun 2014. Populasi target dalam penelitian ini adalah 3110 peserta didik sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 1159 peserta didik kelas XI yang berasal dari lima SMK Negeri tersebut. Pengambilan sampel menggunakan rumus solvin sebanyak 92 peserta didik yang diambil secara random sampling sederhana. Ada (2) dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini , yaitu interaksi sosial peserta didik ( X ) dan perilaku prososial peserta didik ( Y ), metode pengambilan data ke dua variabel yaitu menggunakan angket (kuesioner) model skala Likert. Sebelum digunakan untuk mengambil data responden dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reabilitas yang berguna untuk mengetahui kesasihan instrumen validitas. Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas. Uji normalitas dengan menggunakan uji Lilliefors. Dari hasil perhitungan bahwa data berdistribusi normal hal ini dapat dilihat dari Lhitung (0,1005 dan 0,0892) < Ltabel (0,1009). Dilanjutkan ke dalam Uji Linieritas antara Variabel X dan Variabel Y diperoleh hasil Ftabel (21,54) = 1,93 dan Fhitung sebesar 0,99 maka Fhitung < Ftabel 0,99 < 1,93 adalah Linier. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi sosial peserta didik terhadap perilaku prososial peserta didik termasuk ke dalam kategori yang kuat karena rhitung 0,751 dan jika dikonsultasikan pada nilai rtabel 0,70-0,90 dan memiliki koefisien determinasi sebesar 56,4%. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial peserta didik terhadap perilaku prososial peserta didik SMK Negeri se Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : interaksi Sosial dan Perilaku Prososial

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Admin Perpustakaan UNPAM
Date Deposited: 09 Sep 2015 10:20
Last Modified: 01 Aug 2017 08:04
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/383

Actions (login required)

View Item View Item