Pemahaman Materi Berbangsa dan Bernegara Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PKn (Di SMK YPUI Parung Tahun Pelajaran 2016/2017).

Seria Julianto, . (2017) Pemahaman Materi Berbangsa dan Bernegara Terhadap Sikap Nasionalisme Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran PKn (Di SMK YPUI Parung Tahun Pelajaran 2016/2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (56kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (77kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (29kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (59kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara pemahaman materi berbangsa dan bernegara terhadap sikap nasionalisme pesertadidik di SMK YPUI parung, yang beralamat di Jl. Haji Mawi Desa Warujaya Parung, Bogor Provinsi Jawa Barat.Penelitian ini dilakukan pada kelas X Tahun ajaran 2016/2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan desain penelitian ex-post fakto.Populasi target dalam penelitian ini adalah sebanyak 175 pesertadidik, sedangkan populasi terjangkau adalah sebanyak 77 pesertadidik. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus solvin sehingga diperoleh jumlah sampel sebanyak 44 pesertadidik, yang diambil dengan teknik random sampling (acak). Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu pemahaman materi berbangsa dan bernegara (Variabel X) dan sikap nasionalisme (Variabel Y).Metode pengambilan data pada variabel X adalah dengan menggunakan instruments objektif, sedangkan untuk variabel Y menggunakan angket (kuesioner). Instrumen penelitian variabel X berjumlah 40 soal dan variabel Y berjumlah 40 soal.Sebelum dilakukan analisis terhadap data yang telah diperoleh, dilakukan uji persyaratan analisis terlebih dahulu berupa uji normalitas, homogenitas, dan linearitas.Uji normalitas dilakukan dengan uji liliefors diperoleh hasil untuk variabel X nilaiLhitung = 0,0032<Ltabel =0,1244 dan variabel Y nilai Lhitung = -116,799<Ltabel = 0,1244, maka data normal. Dilanjutkan dengan uji homogenitas, diperoleh F hitung = 1,89>danFtabel = 1,48, maka data tidak homogeny terakhir dilakukan uji linearitas diperoleh nilai F hitung = 2914,67714 >Ftabel =7,27956115, maka linier. Kemudian dilanjutkan dengan pengujian hipotesis dengan melakukan uji r-korelasi menggunakan rumus spearmen-rank untuk mengetahui pengaruh antara variabel X dengan variabel Y diperoleh untuk nilai Thitung = 40,316>Ttabel = 2,692(a=0.10 dandk = 44-2 = 42), dari hasil perhitungan tersebut dapat diketahui adanya pengaruh signifikan antara variabel X denganvariabel Y. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pemahaman materi berbangsa dan bernegara mempengaruhi sikap nasionalisme peserta didik.Artinya bahwa peserta didik yang memahami materi berbangsa dan bernegara maupun yang tidak memahami tetap memiliki peluang yang sama untuk memiliki sikap nasionalisme. Kata Kunci: Materi Berbangsa dan bernegara, Sikap nasionalisme

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 08:27
Last Modified: 26 Apr 2018 08:27
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item