Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X di MA Ummul Qura.

Istigfaroh, . (2018) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi Kelas X di MA Ummul Qura. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (774kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (54kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (122kB)

Abstract

Kata Kunci: Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Minat Belajar, Prestasi Belajar Penelitian ini bertujuan untuk (a) apakah terdapat pengaruh pendidikan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X di MA Ummul Qura (b) apakah terdapat pengaruh pekerjaan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X di MA Ummul Qura apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X di MA Ummul Qura (c) apakah terdapat pengaruh pendapatan orang tua terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X di MA Ummul Qura (d) apakah terdapat pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar ekonomi kelas X di MA Ummul Qura. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dimana subyek penelitian ini adalah siswa kelas X di MA Ummul Qura dengan jumlah responden 46 dengan menggunakan sampel jenuh yaitu anggota populasi semua di jadikan sampel. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan kuesioner yang di sebar kepada siswa kelas X di MA Ummul Qura. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linear sederhana dan teknik uji hipotesis yaitu uji parsial (uji t). Hasil analisis dengan menggunkan SPSS (Statistical Program and Services Solution) versi 22 menunjukan bahwa (1) hasil uji regresi sederhana status sosial ekonomi pendidikan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar ( 2) hasil uji regresi linear sederhana status sosial pekerjaan orang tua berpengaruh terhadap prestasi belajar (3) hasil uji regresi linear sederhana status sosial pendapatan ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar (4) hasil uji parsial (uji t) minat belajar yaitu diperoleh t hitung = 3,690 lebih besar dari t tabel 1,681 memiliki probabilitas 0,001 ≤ ɑ 0,05. Berkaitan dengan hasil yang di daptakan maka saran untuk MA Ummul Qura sebaiknya orang tua siswa agar bisa mendukung proses pembelajaran anak dengan memenuhi semua kebutuhan untuk proses pembelajaran sehingga mampu meningkatkan prestasi belajar siswa. Sebaiknya pihak guru dan orang tua agar bisa bekerja sama untuk sama sama memotivasi siswa agar memiliki minat belajar yang tinggi terhadap pelajaran ekonomi sehingga prestasi belajar siswa pun bisa meningkat.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 08:22
Last Modified: 26 Apr 2018 08:22
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3739

Actions (login required)

View Item View Item