Persepsi Peserta Didik Tentang Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar PPKn di Mts Mathlaul Anwar (Studi Korelasi di MTS Mathlaul Anwar Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016-2017)

Dien Wahyuni, . (2018) Persepsi Peserta Didik Tentang Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar PPKn di Mts Mathlaul Anwar (Studi Korelasi di MTS Mathlaul Anwar Kota Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016-2017). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (905kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Registered users only

Download (133kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Registered users only

Download (422kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Registered users only

Download (91kB)
[img] Text
JURNAL.doc
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Persepsi Peserta Didik Tentang Kreativitas Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MTS Mathlaul Anwar Kota Tangerang Selatan,yang beralamat di Jl.Haji Rean RT.003/01 No.28, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Penelitian ini dilakukan pada kelas VII A, VII B, VIII, IX Tahun Ajaran 2016-2017. Populasi target dalam penelitian ini adalah 117 peserta didik, Pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan didapatkan 88 peserta didik. Besarnya sampel dari masing-masing kelas yaitu 25 di kelas VII A, 24 di kelas VII B , 33 di kelas VIII, 35 di kelas IX Terdapat dua variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Kreativitas Mengajar Guru (variabel X) dan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (variabel Y). Metode pengambilan data pada varaibel X dan Y yaitu menggunakan Angket (Kuesioner) Sebelum mengambil data dari responden, dilakukan terlebih dahulu uji coba validitas dan reliabilitas yang berguna untuk mengetahui kebenaran instrumen.Uji persyaratan analisis dilakukan dengan uji normalitas Chi Khuadrat. Hasil dari perhitungan uji normalitas pada variabel X dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena X²hitung lebih kecil 90,91771073dari X²tabel 109,7733095 Dan perhitungan pada variabel Y dikatakan bahwa data berdistribusi normal, hal ini karena X²hitung 95,71391263 lebih kecil dari X²tabel 109,7733095. Dilanjutkan ke dalam uji linearitas antara variabel X dan variabel Y dan diperoleh Fhitung 0,328< Ftabel 2,32 Sehingga dapat dikatakan bahwa data adalah linear. Kemudian melakukan pengujian hipotesis dengan uji korelasi (N = 88 dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu 0,217) diperoleh rxy hitung 0,535 lebih besar dari rxytabel 0,217. Uji t (N = 88 dengan taraf signifikan α = 0,05 yaitu : 0,1662) diperoleh tthitung 0,657 > ttabel 0,1662. Hasil pengujian memiliki koefisien determinasi sebesar 28,62 % atau 28 % Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa H1diterima, maka terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kreativitas Mengajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VII, VIII, IX MTs Mathlaul Anwar, Kota Tangerang Selatan. Kata Kunci : Kreativitas Mengajar, dan Hasil Belajar

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 07:10
Last Modified: 26 Apr 2018 07:10
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3710

Actions (login required)

View Item View Item