Metode Pembelajaran Reward Dan Punishment Dengan Metode Pembelajaran Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Eksperimen peserta didik Kelas VII SMP Sebelas Maret Gunungsindur Bogor Tahun Pelajaran 2017 - 2018).

Oos Abdus Somad, . (2018) Metode Pembelajaran Reward Dan Punishment Dengan Metode Pembelajaran Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan (Studi Eksperimen peserta didik Kelas VII SMP Sebelas Maret Gunungsindur Bogor Tahun Pelajaran 2017 - 2018). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (65kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (27kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (67kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan ini ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan Metode Pembelajaran Reward dan Punishment Dengan Metode Pembelajaran Diskusi Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan peserta didik Kelas VII SMP Sebelas Maret Gunungsindur Bogor Tahun Pelajaran 2017 - 2018. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik di SMP Sebelas Maret Gunungindur Bogor sedangkan populasi terjangkau adalah seluruh peserta didik kelas VII. Pengambilan sampel menggunakan 40 peserta didik dari hasil pre test. Kemudian sampel dibagi dalam dua kelompok masing-masing kelas, yaitu kelas VII.B sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.A sebagai kelas kontrol. Ada dua variable yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu Metode Reward dan Punishment dengan Metode Diskusi serta hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran PPKn. Pengambilan Nilai dengan menggunakan post test dari hasil belajar peserta didik. Setelah melakukan pengambilan data, kemudian dilakukan ujicoba validitas dan reabilitas yang berguna untuk mengetahui instrument validitas, uji analisis dilakukan dengan uji liliefors. Hasilnya pada kelompok kelompok metode reward-punishment (kelas eksperimen), dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal, karena dari L hitung = -0.204 < dari X tabel = 0.190, sedangkan pada perhitungan liliefors metode diskusi (kelas kontrol), juga dapat dikatakan bahwa data berdistribusi normal, karena dari L hitung = -0.204 < dari L tabel = 0.190, Dilanjutkan uji homogenitas dengan uji Barlet antara kedua kelompok, diperoleh dari hasil X hitung = 2.36 dan X tabel = 3.25, sehingga dapat dikatakan bahwa data tersebut homogen, karena X hitung < dari X tabel. Juga berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh data t hitung 6.05 dan t tabel = 2.02, maka ho ditolak dan Hi diterima, karena t hitung > t tabel, berarti terdapat peningkatan hasil belajar dari penerapan metode pembelajaran reward-punishment dari peserta didik kelas VII SMP Sebelas Maret Gunungsindur Bogor, pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Kata Kunci : Metode Diskusi, Metode Reward dan Punishment, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:51
Last Modified: 26 Apr 2018 05:51
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3708

Actions (login required)

View Item View Item