Pengaruh Pendidika Kepramukaan Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah (Studi Korelasi di SMP YUPPENTEK 1 LEGOK TANGERANG).

Abdul Aziz, . (2018) Pengaruh Pendidika Kepramukaan Terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah (Studi Korelasi di SMP YUPPENTEK 1 LEGOK TANGERANG). Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (21kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (77kB)

Abstract

Masalah dalam Penelitian ini adalah menurunnya sikap nasionalisme warganegara Indonesia, menurunnya rasa cinta terhadap Tanah Air, maraknya budaya kekerasan dan banyak lagi. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah Pengaruh Pendidikan Kepramukaan terhadap sikap nasionalisme siswa di SMP YUPPENTEK 1 LEGOK TANGERRANG. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel. Subyek dalam penelitian adalah siswa-siswi di SMP YUPPENTEK 1 LEGOK TANGERANG. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 354 siswa yang dijadikan sampel dalam jumlah 78 siswa. Teknik pengumpulan data dengan memberikan pertanyaan ( kuesioner ) dan kajian dokumen. Teknik analisis data dengan analisis alur dengan proses pengumpulan data, penyajian data , dan simpulan. Keabsahan sumber data dan triangulasi data. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Pendidikan Kepramukaan dan variabel terikat adalah sikap nasionalisme siswa. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah linieritas regresi, uji hipotesis termasuk uji F, uji T, dan koefisien determinasi. Hasil dari uji F data dinyatakan signifikan, karena Fhitung 197,9288 > FTabel 8,578 karenanya Ho ditolak dan H1 diterima. Hasil dari uji T terdapat pengaruh yang positif dan signifikan karena Thitung 11,4201 > TTabel 1,992 sehingga Ho ditolak. Hasil hitung koofisien determinasi diketahui sebesar 79,28 %. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Pendidikan Kepramukaan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap sikap nasionalisme siswa. Kesimpulan tersebut berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan. Dalam pengujian hipotesis tersebut dapat diketahui bahwa rxy hitung lebih besar dari rtabel yaitu sebesar rxy 0,7928 > rtabel 0,2227, ( n = 78 dengan taraf signifikan  = 0,05 yaitu 0,2227 ). Artinya penelitian berhasil membuktikan adanya pengaruh Pendidikan Kepramukaan (variabel X) terhadap Sikap Nasionalisme Siswa Sekolah (variabel Y). Kata kunci : Pendidikan, kepramukaan, sikap dan Nasionalisme

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:46
Last Modified: 26 Apr 2018 05:46
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3707

Actions (login required)

View Item View Item