Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi IPS Kelas XI SMA Negeri 6 Tangerang Selatan Tahun 2016/2017

Dewi Mareta, . (2017) Pengaruh Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi IPS Kelas XI SMA Negeri 6 Tangerang Selatan Tahun 2016/2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (46kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (89kB)

Abstract

Kata Kunci: Lingkungan Belajar, Hasil Belajar, Ekomomi Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini mengkaji secara dalam tentang lingkungan belajar dimana dalam keseluruhan tingkah lakunya individu tersebut berinteraksi dengan lingkungannya serta sebagai sesuatu yang berhubungan dengan tempat proses pembelajaran dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dalam hal ini siswa bertindak sebagai instrumen utama. Data yang dihasilkan penelitian ini adalah hasil responden dalam angket. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan dari bulan mei 2017. Yang dijadikan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan kelas XI IPS dengan jumlah sampel 149 siswa. Ini merupakan sebagian dari populasi yang berjumlah 243 siswa SMA Negeri 6 Tangerang Selatan. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa dari lingkungan belajar terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan, dilihat dari hasil koefisien determinasi (R^2) adalah 0,259, dalam ini berarti 25,9% hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan ditentukan oleh lingkungan belajar yang mendukung kegiatan belajar. Hasil perhitungan T_hitung sebesar 7,164 di atas dibandingkan dengan T_tabel yaitu 1,976, jadi T_hitung> T_tabel maka H_a diterima dan H_o ditolak. Dengan demikian penelitian mengenai variabel lingkungan belajar tentang hasil belajar siswa di SMA Negeri 6 Tangerang Selatan dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar memiliki fungsi untuk membantu peserta didik dalam berinteraksi dengan berbagai lingkungan sekitarnya (fisik, sosial dan budaya), utamanya berbagai sumber daya pendidikan yang tersedia agar dapat dicapai tujuan pendidikan yang optimal. Diharapkan sekolah mampu memberikan fasilitas yang memadai, guru juga dapat memaksimalkan media pembelajaran yang ada dalam proses pembelajarannya serta lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat dapat bekerjasama sehingga dapat mendukung tumbuh kembang siswa

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:38
Last Modified: 26 Apr 2018 05:38
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3706

Actions (login required)

View Item View Item