Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK Letris Indonesia 2

Shinta Marlia, . (2017) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas X SMK Letris Indonesia 2. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (85kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (63kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (32kB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Role Playing, Hasil Belajar. Kegiatan pembelajaran di kelas masih sepenuhnya berpusat pada guru dan penggunaan model pembelajaran yang digunakan di kelas masih sangat kurang, hal ini membuat proses belajar mengajar di kelas masih belum sepenuhnya menggunakan model-model pembelajaran. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kegiatan belajar mengajar dan hasil belajar mata pelajaran Akuntansi di SMK Letris Indonesia 2 dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif Role Playing terhadap hasil belajar Akuntansi kelas X Akuntansi Di SMK Letris Indonesia 2 Tahun Ajaran 2016/2017. Penelitian ini meruapakan penelitian Quasi Experiment dimana membandingkan dua kelas dengan dua perlakuan yang berbeda. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X Akuntansi A dan X Akuntansi B. Adapun subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi A sebanyak 15 orang peserta didik dan peserta didik kelas X Akuntansi B sebanyak 16 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, angket, wawancara, dokumentasi, observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis butir soal, uji daya beda, validitas, dependen T test dan independent T test. Temuaan penelitian ini menunjukan bahwa ada pengaruh signifikan pada hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing. Peningkatan hasil belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata pada data awal peserta didik yang menujukan yaitu 64,81 meningkat menjadi 84,14. Dilihat dari nilai rata-rata awal (pre test) ke nilai rata-rata akhir (post test) meningkat sebesar 30%. Selain dari meningkatnya hasil belajar, keaktifan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran di kelas juga mengalami peningkatan Saran penelitian ini agar guru dapat menggunakan model-model pembelajaran yang bervariasi di kelas agar peserta didik merasa senang mengikuti kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan senangnya peserta didik mengikuti kegiatan belajar di kelas dengan menggunakan model pembelajar yang bervariasi, dapat meningkatkan minat belajar peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:27
Last Modified: 26 Apr 2018 05:27
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3704

Actions (login required)

View Item View Item