Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 9 Tangerang Selatan.

Alfy Nurlaili Hidayati, . (2017) Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 9 Tangerang Selatan. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.doc
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Registered users only

Download (71kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.doc
Restricted to Registered users only

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.doc
Restricted to Registered users only

Download (108kB)
[img] Text
BAB V.doc
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text
JURNAL.doc
Restricted to Registered users only

Download (94kB)

Abstract

Kata Kunci: Pengaruh Metode Jigsaw, Prestasi Belajar Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Perbedaan prestasi belajar IPS siswa sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan metode Jigsaw II, (2) Perbedaan prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan menggunakan metode Jigsaw II dengan siswa yang diajar dengan metode Numbered Head Together. Metode penelitian yang diguanakan adalah quasi experiment dengan desain pretest-posttest control grup desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Tangerang Selatan Tahun Ajaran 2016/2017. Sebanyak 343 siswa. Sedangkan sampel penelitian diambil 78 siswa. Sebanyak 40 siswa dijadikan sebagai kelompok eksperimen, dan sebanyak 38 siswa dijadikan sebagai kelompok kendali. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes (pretest dan posttest), observasi, wawancara, dokumentasi dan catatan lapangan. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji instrument, uji prasyarat dan uji hipotesis (Uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test) Hasil analisis data menunjukan bahwa (1) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar IPS siswa sebelum dan sesudah diajar menggunakan metode Jigsaw II ditunjukan dengan hasil thitung -9.305 > ttabel -2.704 dengan nilai signifikan atau nilai probabilitas 0,000 < 0,005, maka Ho ditolak dan Ha diterima, (2) terdapat perbedaan yang signifikan antara prestasi belajar IPS siswa yang diajar dengan metode Jigsaw II pada kelas eksperimen dan prestasi belajar siswa yang diajar dengan metode Numbered Head Together pada kelas kendali ditunujakn dengan thitung 4,434 > ttabel 1,665 dan tingkat sig. (2-tailed) 0,000 atau < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 05:03
Last Modified: 26 Apr 2018 05:03
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3700

Actions (login required)

View Item View Item