Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 13 Tangerang.

Lina Rosdiana, . (2017) Pengaruh Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa Kelas X IPS SMA Negeri 13 Tangerang. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (45kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (101kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (36kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Kata Kunci: Literasi Ekonomi dan Perilaku Konsumsi Adanya pengaruh globalisasi perekonomian yang diikuti dengan munculnya berbagai pusat perbelanjaan sehingga pemenuhan kebutuhan siswa saat ini tidak hanya didasarkan pada kebutuhan semata tetapi telah bergeser pada aspek lapar mata yang sering terjadi saat siswa berkonsumsi. Oleh karena itu masih banyak siswa yang membelanjakan uangnya seringkali berperilaku irasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perilaku konsumsi siswa kelas X IPS SMA Negeri 13 Tangerang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi sederhana. Data yang dihasilkan penelitian ini adalah tes, angket, wawancara dan dokumentasi. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS SMA Negeri 13 Tangerang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling dengan jumlah responden sebanyak 108 orang. Temuan penelitian ini menunjukkan hal-hal sebagai berikut: terdapat pengaruh secara Signifikan Literasi Ekonomi Terhadap Perilaku Konsumsi Siswa kelas X IPS SMA Negeri 13 Tangerang. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji thitung sebesar 9,785 sedangkan pada ttabel adalah 1,983. Dengan demikian (9,784 > 1,983) dengan nilai signifikan sebesar 0,000 (0,000 < 0,05) maka dapat disimpulkan bahwa Ho3 ditolak dan Ha3 diterima. Selain itu juga diperoleh persamaan regresi Y = 78,663 + 0,702 X. Dengan demikian literasi ekonomi siswa tergolong rendah sedangkan perilaku konsumsi siswa tergolong tinggi sehingga dapat dikategorikan menjadi perilaku konsumsi irasional. Jadi apabila literasi ekonomi tinggi maka perilaku konsumsi siswa semakin rasional. Begitupun sebaliknya jika literasi ekonomi rendah maka perilaku konsumsi menjadi irasional.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:30
Last Modified: 26 Apr 2018 04:30
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item