Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Islamiyah Serua Depok Tahun Ajaran 2016/2017

Wardah Mutiara Azviani, . (2017) Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Fasilitas Belajar dan Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Islamiyah Serua Depok Tahun Ajaran 2016/2017. Universitas Pamulang, Tangerang Selatan.

[img] Text
COVER.docx
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.docx
Restricted to Registered users only

Download (51kB)
[img] Text
BAB II.docx
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
JURNAL.docx
Restricted to Registered users only

Download (73kB)

Abstract

Kata Kunci: Fasilitas Belajar, Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar Dalam kegiatan pembelajaran fasilitas belajar dan lingkungan keluarga sangatlah penting hal tersebut dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa. Fasilitas belajar dan lingkungan keluarga yang kurang mendukung menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa. Untuk mengatasi hal tersebut, dibutuhkan kelengkapan fasilitas belajar disekolah dan lingkungan keluarga yang mendukung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar dan lingkungan keluarga terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Islamiyah Serua Depok tahun ajaran 2016/2017. Adapun populasi dalam penelitian ini berjumlah 239 siswa dengan sampel 147 siswa. Metode yang digunakan kuantitatif, dengan rancangan penelitian menggunakan Proposiones Stratified Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik. Melalui perhitungan Uji T diperoleh hasil bahwa fasilitas belajar memiliki pengaruh sebesar 5,644 terhadap motivasi belajar dan lingkungan keluarga sebesar 7,512 terhadap motivasi belajar. Sedangkan perhitungan Uji F diperoleh hasil bahwa fasilitas belajar dan lingkungan belajar memiliki pengaruh sebesar 69,334 terhadap motivasi belajar. Yang artinya fasilitas belajar dan lingkungan keluarga memiliki pengaruh yang signifikan terhadap motivasi belajar. Adapun besarnya R2 adalah 0,491. Berarti penelitian memiliki pengaruh sebesar 49,1% sedangkan sisi nya 50,9% di jelaskan oleh variabel lain yang tidak terdapat dalam penelitian ini. Berdasarkan pembahasan diatas, dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar dan lingkungan keluarga mampu meningkatkan motivasi belajar siswa apabila fasilitas belajar dan lingkungan keluarga mendukung. Pihak sekolah (Guru) hendaknya memberikan fasilitas yang memadai agar kegiatan pembelajaran bisa berjalan dengan baik dan hendaknya lingkungan keluarga memperhatikan anaknya dalam belajar dan selalu menciptakan suasana rumah yang kondusif dan nyaman untuk belajar sehingga anak merasa nyaman belajar dirumah. Dengan begitu maka motivasi belajar siswa akan meningkat dan rasa semangat untuk belajar akan meningkat bagi siswa.

Item Type: Other
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > L Education (General)
Depositing User: Bisma Lubis
Date Deposited: 26 Apr 2018 04:05
Last Modified: 26 Apr 2018 04:05
URI: http://eprints.unpam.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item